Kabarnusataranews,Gowa;– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gowa turun mengawasi uji coba E-Coklit yang di laksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa di Desa Bilalang, Kecamatan Mamuju, Kamis (14/05/2020).

Komisioner Bawaslu Kabupaten Gowa, Yusnaeni, yang hadir mengawasi langsung uji coba tersebut menyampaikan, perlu dipastikan aplikasi E-Coklit, data yang dikirim Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) diaplikasi harus sesuai dengan data yang keluar, menurutnya kekhawatiran ini bukan tanpa alasan karena pada pemilihan lalu, terkadang ada masalah pada aplikasi sidali, data yang diapload diaplikasi berbeda dengan data yang dikeluarkan.

“Pastikan aplikasi E-coklit, data yang dikirim PPDP harus sama dengan data yang keluar jangan sampai apa yang dikirim ke aplikasi berbeda dengan data yang keluar ketika rekap seperti aplikasi sidali, ini harus di pastikan pada aplikasi ini supaya pekerjaan PPDP menjadi tidak sia-sia,” jelasnya.

Yusnaeni juga menambahkan, Bawaslu penting memikirkan strategi pengawasan E-Coklit sehingga aplikasi produk KPU ini, bisa diawasi secara maksimal jika memang akan digunakan nantinya pada saat E-coklit.

“Bawaslu perlu memikirkan strategi pengawasan untuk E-coklit karena sekarang KPU sudah berbasis Teknologi, bagaimana dengan Bawaslu, seperti apa pengawasan E-coklit,” tutupnya.

Dalam kegiatan uji coba ini Hadir Komisioner KPU, Wasilah Koordiv Data dan Informasi Muhammad Basir, Koordiv Teknis.(*/tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here