Kabar Nusantara News;- Penyampaian Calon Gubernur Sulsel nomor urut 2, Agus Arifin Nu’mang soal Korupsi dan program kepemimpinan pada acara talk show bertajuk Uji Kompetensi Visi Misi Cagub dan Cawagub Sulsel di salah satu stasiun televisi swasta nasional, mendapat apresiasi dan tepuk tangan dari Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, Direktur Komunikasi Indonesia, Rustika Herlambang, dan Jurnalis senior Usman Kansong yang hadir sebagai panelis.Makassar (18/05/2018)

Pada kesempatan itu, jawaban yang dipilih adalah jawaban layak atau tidaknya seseorang yang pernah tersangkut kasus-kasus korupsi yang disebut sebagai kepala daerah, Agus Arifin Nu’mang mengatakan bahwa hal itu tergantung dan berpulang kepada individu masing-masing orang.

“Kalau soal pantas atau tidak, itu tergantung orang yang menilai,” kata Agus, Kamis (17/5/2018) malam.

Akan tetapi menurutnya, masyarakat Sulsel memiliki karakter kepemimpinan seperti yang termaktub dalam kitab I Lagaligo yang merupakan epik terpanjang di dunia. Dimana dalam kitab itu, ada beberapa hal yang menjadi karakter orang Sulsel. Yakni lempu (jujur), macca (cerdas atau pintar), getteng (teguh pada profesoran) dan warani (berani).

“Saya tidak keberatan menyingung RAK. Kalau ada yang merasa, ya itu terserah dia. Tapi struktural, calon pemimpin Sulsel harus memiliki beberapa karakter, agar bisa disebut sitinaja (pantas) menjadi seorang pemimpin, ”ujarnya.

Yang pasti, lanjut Agus, dia akan sangat ingin dan tidak akan maju sebagai calon gubernur Sulsel jika pernah tersangkut kasus korupsi.

“Kalau saya pribadi,saya sudah katakan tidak akan maju kalau pernah korupsi.Karena saya malu. Itu siri ‘namanya dalam kultur budaya masyarakat Sulsel, ”tegas Agus yang mengundang tepuk tangan selaku panelis. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here