Kabarnusantaranews.com, Luwu Timur;– Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengang Jeneberang, Ir Supardji mengaku senang manfaat proyek Irigasi dapat dirasakan langsung masyarakat.

Supardji, menyatakan apa yang dilakukan dalam kegiatan infrastruktur seperti irigasi Kalaena, tentunya menjadi harapan petani agar bisa merasakan dampak baiknya.

“Syukur Alhamdulillah karena petani di Kalaena sudah menikmati air untuk sawahnya,”ujarnya saat dihubungi, Rabu (18/3/2020).

Dari hasil penelusuran sejumlah petani mengucap syukur atas uji coba itu, pasalnya uji coba yang dilakukan Komisi Irigasi sebagai dasar kapasitas air yang akan mengaliri sawah mereka.

“Kami sudah dilakukan uji coba buka air Irigasi Kalaena sejak tanggal 24 Desember 2019, untuk awal masa tanam ke 1 tahun 2019/2020,” ungkapnya kepada media.

Melihat kondisi air maksimal mengaliri sawah petani, juga berdampak pada meningkatnya sewa sawah petani, yang sebelumnya, petani hanya berani menyewa sawah 5 juta hingga 6 juta per hektar per panen saat ini memasuki masa tanam ke 1 petani mampu menyewa sawah senilai 7 juta per hektarnya.

“Berkat pekerjaan ini Penen padi dan penghasilan kami meningkat apalagi harga sewa kami naikan berkat irigasi ini,” katanya saat di sambangi wartawan.(tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here