Pegadaian Kanwil VI Makassar Gelar Media Gathering Paparkan Sejumlah Program dan Capaian Kinerja

Kabar Nusantara News, MAKASSAR – Pegadaian Kantor Wilayah (Kanwil) VI Makassar kembali menggelar media gathering bersama puluhan jurnalis media massa di kota Makassar. Kegiatan itu diadakan dalam rangka mempererat hubungan silaturahmi sekaligus juga memaparkan beberapa pencapaian kinerja pegadaian, Selasa (23/4/2024).

Bertempat di Cafe Eksposed, Jl. AP. Pettarani, Pemimpin Wilayah PT Pegadaian Makassar Edwin S. Inkiriwang membahas soal kenaikan harga emas.

“Kenaikan harga emas yang hampir menyentuh angka Rp14 ribu per gram menjadi pendorong pertumbuhan positif kinerja Pegadaian Kanwil VI Makassar. Per 23 April 2024, harga emas mencapai Rp1.328.000 per gram,” katanya

Edwin menyebutkan, PT Pegadaian VI Makassar mencatat pertumbuhan yang baik, yakni laba bersih tumbuh 0,25 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Hingga periode Maret 2024, PT Pegadaian VI Makassar mencatat laba bersih sebesar Rp273,06 miliar. Nasabah aktifnya juga tumbuh, naik 16,53 persen menjadi 1.260.881.

“Jumlah nasabah dipicu karena kenaikan harga emas. Masyarakat sudah terliterasi dengan baik terkait produk emas. Emas instrumen investasi yang menarik. Tidak hanya itu, kinerja selama triwulan pertama 2024 pada outstanding loan Pegadaian Makassar mencapai Rp8,31 triliun. Tumbuh 17,44 persen,” sambungnya.

Bahkan, lanjut Erwin disebutkan bahwa produk emas Pegadaian juga mengalami pertumbuhan yang baik.

“Tabungan Emas Pegadaian mencapai 378,651 gram dengan pertumbuhan 0,25 persen. Omset emas mulia berupa batangan juga mengalami pertumbuhan. Nominalnya mencapai 25,05 miliar. Produk investasi di cicilan emas batangan ini tumbuh 0,54 persen,” pungkasnya. 

Sementara Kepala Bagian Pemasaran dan Penjualan PT Pegadaian Kanwil VI Makassar, Gunawan HB juga memaparkan sejumlah program yang juga sudah dicanangkan Pegadaian seperti tabungan emas. Ada juga program Gempita Ramadan dan Lebaran yang mendukung capaian kinerja Pegadaia Makassar yakni dengan cashback yang beragam.

“Pertama ada gadai BPKB apa saja mendapat cashback Rp 2 juta pada 4 Maret- 31 Mei 2024. Kemudian ada pinjaman Modal Usaha untuk UMKM dengan cashback bisa sampai Rp 400 ribu, Pinjaman usaha reguler cashback 1%, pinjaman usaha syariah Rp 10 juta dan gadai sertifikat dengan cashback Rp4 juta,” katanya.

Kemudian, ada Naik Haji bisa mendapat cashback Rp500 ribu, Pembiayaan wisata cashback Rp2 juta, cicil kendaraan Rp10 juta.

“Semua program ini sudah kita jalankan, dan respons masyarakat sangat positif sehingga kami yakin kinerja Kanwil Pegadaian Makassar akan lebih baik lagi,” ungkap Gunawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *