Program Klinik Tani, KNPI Sulsel Bagi-bagi Masker ke Kelompok Petani Sidrap

Kabarnusantaranews,Sidrap ;– Pengurus KNPI Sulsel turun langsung melaksanakan pendampingan ke petani untuk mengetahui permasalahan dan memberikan solusi, baik dari aspek budidaya maupun pasca panen.

Hal tersebut disampaikan Ketua Biro Pertanian KNPI Sulsel, Arfan, saat melakukan kunjungan ke lokasi binaan kelompok wanita tani tanaman horti di desa Bina Baru, kecamatan Kulo, Kabupaten Sidrap.

Turut hadir KNPI Sulawesi Selatan, ketua DPD KNPI Kabupaten Sidrap (Abdul Jabbar, Biro pertanian DPD KNPI Kabupaten Sidrap (Darwin) dan DPK KNPI Kecamatan Kulo (Erwin).

Arfan menjelaskan bahwa kunjungan tersebut merupakan bentuk aplikasi dari program klinik tani KNPI Sulawesi Selatan.

“Di desa ini, ibu-ibu tani menanam tanaman sayur seperti kangkung, bayam, dan sawi yang panen setiap hari untuk di supplay ke pasar yang ada di sidrap, pinrang dan pare-pare,” tuturnya, Kamis (9/4/2020).

Lanjut Arfan, selain pendampingan, ia juga membagikan masker kepada kelompok wanita tani yang melakukan aktifitas panen sayur dan memberikan penyuluhan terkait Budidaya Tanaman Hortikultura.

“Dalam situasi mewabahnya virus corona atau covid-19, aktivitas petani khususnya panen tetap berjalan namun tetap harus safety, maka dari itu kami juga ikut membagikan sekitar 50 masker kepada para petani yang masih menjalankan aktifitas usaha tani di lokasi tersebut,” jelas Arfan.

Ketua KNPI Sulawesi Selatan, Nurkanita Kahfi pun mengapresiasi langkah-langkah nyata dari biro pertanian KNPI Sulsel.

“Program yang dijalankan Biro Pertanian Sulsel saat ini sangat bermanfaat untuk para petani, sebab hadir memberikan edukasi ke petani ditengah pandemi korona ini serta membantu petani agar tetap terhindar dari penyebaran virus corona ini,” katanya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *