Kabarnusantaranews, Makassar;- Berkembangnya wacana pembangunan kawasan industri di Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan oleh salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu PT. Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Persero menuai respon dari berbagai kalangan masyarakat Takalar.

Respon positif itu disampaikan oleh Presidium Lembaga Lingkar Koalisi antar Pemuda Sulawesi Selatan (LONTARA SULSEL), Abd. Salam yang juga merupakan putera daerah Kec. Mangarabombang Kab. Takalar yang mengatakan bahwa pihaknya menilai rencana pembangunan kawasan oleh pemerintah melalui PT. KBN yang telah mendapat respon baik oleh Pemda Takalar dan Pemda Sulsel harus disambut baik dan didukung.

“Jika rencana pemerintah tersebut untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan potensial mendorong Pendapatan Asli Daerah, maka mari kita dukung bersama” Terang Alga sapaan akrabnya.

Diketahui bahwa pengembangan objek kawasan industri tersebut akan menyerap sekitar 10.000 tenaga kerja yang akan melibatkan tenaga kerja lokal yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kab. Takalar.

Meski demikian lanjut Alga, Pemerintah wajib memerhatikan prinsip pemenuhan hak-hak masyarakat Takalar utamanya di wilayah sekitar rencana kawasan tersebut ketika pembangunannya dilaksanakan.

“Pemerintah dan pihak pengembang harus konsisten bahwa pembangunan kawasan tersebut tidak merugikan hak masyarakat lokal dan bertentangan dengan regulasi yang ada” Tegas mahasiswa Pasca Sarjana UMI itu.

Menurutnya, pihaknya juga meyakini bahwa agenda pemerintah daerah tersebut dalam membuka ruang pembangunan dan peluang investasi di Kab. Takalar telah melalui proses pertimbangan dan penyesuaian mekanisme dari berbagai bidang sehingga selaku pemuda dan masyarakat daerah dirinya merespon baik dan mendukung rencana strategis Pemda tersebut.

“Kita meyakini rencana strategis tersebut telah melalui pertimbangan dan antisipasi pemerintah terhadap dampak positif maupun negatifnya sehingga kewajiban kita yah mendukung upaya pembangunan daerah tersebut” Tutupnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here