Friday, May 27, 2022
HomeLOKALPemuda Sondoang Kolaborasi dengan Pemdes Lakukan Pencegahan Covid-19

Pemuda Sondoang Kolaborasi dengan Pemdes Lakukan Pencegahan Covid-19

Kabarnusantaranews,Mamuju ;– Sebagai upaya untuk menindaklanjuti pencegahan covid-19 yang semakin marak tersebar hingga hampir keseluruhan daerah di Indonesia, pemuda Desa Sondoang, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, bergerak melakukan beberapa tindakan penanggulangan.

Salah satunya kolaborasi bersama pemerintah Desa Sondoang, dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan dan beberapa jalur masuk di wilayah Sondoang di lakukan Lockdown.

Aksi penyemprotan disinfektan tersebut, di pimpin langsung oleh pak Desa Sondoang, Muh. Irsan AB S.Pd, bersama masing-masing kepala Dusun dan para pemuda Desa.

“Penyemprotan secara massif di Desa dan kita juga berharap kepada seluruh masyarakat memberikan dukungan untuk melakukan pencegahan Covid-19 yang sampai saat ini belum ada tanda-tanda untuk meredah,” katanya, kepada awak media, Jum’at (17/4/2020).

Selain itu, lanjut Pakde, kami juga atas nama pemerintah di Desa memeberikan edukasi kepada masyarakat terkait bagaimana menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan.

“Masyarakat juga harus menggunakan masker apabila keluar rumah, karena masker juga sangat membantu untuk mencegah penularan Covid-19, dan pemerintah Desa juga berencana untuk memberikan masker dan vitamin untuk seluruh masyarakat di wilayah Desa tersebut,” cetusnya.

Sembari melakukan disinfeksi, pemuda Desa Sondoang turut mengambil langkah pencegahan. Menutup jalur masuk di wilayah Desa Sondoang, untuk mencegah penyeberan covid-19 itu.

“Hal yang di lakukan ini tentunya kita melihat situasi virus corona yang semakin meluas, maka demi keamanan masyarakat Desa Sondoang kita mengambil langkah dengan melakukan penutupan jalur ke wilayah Desa Sondoang,” kata Sainal Syam.

Kendati demikian, Toris sapaan karib Sainal Syam juga menyampaikan, apabila ada masyarakat Sondoang yang dari luar daerah ingin pulang ke Sondoang, maka harus melakukan pelaporan ke Pos Covid-19 yang telah di sediakan Pemerintah dalam hal ini Puskesmas untuk di periksa kesehatannya.

“Dan juga melakukan sterilisasi pada kendaraan yang melewati Desa Sondoang. Agar Desa bisa steril dari virus serta menghimbau kepada masyarakat dengan himbauan yang di berikan pemerintah,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Gerakan Pemuda Sondoang (GPS), Muh. Taslim membeberkan bahwa selain aksi penyemprotan cairan disenfektan (pembunuh bakteri), kami juga memberikan informasi serta melakukan edukasi kepada masyarakat terkait cara menanggulangi Covid-19 dan juga memberitahukan cara pembuatan Desinfektan yang ramah lingkungan.

“Untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, kita butuh kerjasama antar Stekholder, dan yang lebih penting bagaiamana kita membangun kesadaran dan memberikan edukasi kepada masyarakat, sehingga tidak hanya bergantung kepada Pemerintah,” bebernya

Kita semua berharap, tambah Taslim, apa yang terjadi saat ini, dengan penuh kecemasan dan kekhawatiran segera terselesaikan, agar kita dapat kembali melakukan rutinitas kita sehari-hari.

“Yang lebih penting adalah Tawakkal dan mohon perlindungan dari Allah SWT. Tetap semangat dalam kemanusiaan,” ungkap Taslim dengan penuh harap. (*)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -







Most Popular

Recent Comments