Mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar Sukses Gelar Seminar Proker

Kabarnusantaranews,Bulukumba ;- Puluhan masyarakat dan stakeholder Desa Bontomacinna menghadiri seminar program kerja yang dilaksanakan mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar, Angkatan 62, Jumat (13/3/2020).

Mahasiswa KKN UINAM yang ditugaskan untuk mengabdi di Desa Bontomacinna berjumlah 9 orang, 4 laki-laki dan 5 perempuan.

Mereka masing-masing bergabung dalam melaksanakan salah satu tugas perkuliahan yaitu seminar program kerja KKN UINAM angkatan 62 dan di gelar usai diadakannya observasi di Desa Bontomacinna selama tiga hari, kegiatan tersebut dimulai dari berkunjung ke fasilitas publik hingga mengunjungi rumah-rumah masyarakat.

Seminar yang dilakukan di Aula Kantor Desa Bontomacinna tersebut kemudian menghasilkan beberapa progam kerja, adapun diantaranya ialah progam kerja yang telah disepakati terbagi atas program kerja harian, mingguan dan bulanan.

Dari beberapa program kerja, bidang keagamaan yang paling menyita perhatian masyarakat, program tersebut berupa Festival Islami, Penyelenggaraan Jenasah, Wakaf Al-Quran, Pembentukan Remaja Masjid serta Tahsin Al-Quran.

Dalam bidang sosial, program yang akan dilaksanakan berupa Bakti Sosial, Fogging, Pembuatan Penanda Rumah bagi stakeholder Desa, Pembuatan Lokasi Pin untuk Lokasi Desa di Google Maps, Pelatihan Cuci Tangan Yang Baik dan Benar, serta Sosialisasi Hewan Qurban.

Dalam bidang pendidikan, kita akan mendidik anak-anak Sekolah Dasar, TPA dan Rumah Tahfis menjadi fokus utama mahasiswa KKN UINAM.

Kemudian dalam bidang kesenian pihaknya akan berencana membentuk Sanggar Seni yang kemudian akan bekerjasama dengan Karang Taruna Desa Bontomacinna.

Terakhir dalam bidang kepemudaan, usulan diberikan oleh salah satu perwakilan Karang Taruna Desa Bontomacinna berupa diadakannya Dialog Kepemudaan.

Fahmi Resky sebagai koodinator desa menyampaikan bahwa kedepan apa yang menjadi program kami itu kemudian kiranya mendapat support masyarakat dan pemerintah.

“Kami disini hanya perantara, untuk penyelenggaraan kegitan ini serta kesuksesan setiap program kami tidak terlepas dari kerjasama kita sebagai penyelenggaa dan masyarakat sebagai pelaksana. Olehnya itu kami memohon kerjasama dari seluruh masyarakat Bontomacinna,” harap Fahmi.

Dalam sambutannya Bapak Sunardi S.Pd. selaku ketua BPD Desa Bontomacinna, menyampaikan bahwa pihak pemerintah Desa Bontomacinna mendukung penuh seluruh program kerja KKN UINAM yang akan di laksanakan di wilayah Desa Botomacinna.

“Tentu kami support serta apresiasi apa yang di gelar sama adik-adik semua di Desa kami, kedepan semoga dapat meninggalkan Desa kami dengan kesan yang baik serta menitipkan karya untuk Desa kami,” kata Sunardi. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *