Komisi Kesehatan KNPI Sulsel : Pemprov Sulsel Harus Cepat Tanggap Soal Corona

Kabarnusantaranews, Makassar ;- Ketua Bidang Kesehatan, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulsel, Muhammad Syahrul Alam angkat bicara terkait dengan maraknya isu Virus Corona.

Menurut Syahrul, Pemerintah Provinsi Sulawesi (Sulsel) harus lebih tanggap melakukan langkah preventif terkait penyebaran virus. Sebab, virus tersebut sudah terdeteksi sejak beberapa bulan lalu di Wuhan, Tiongkok.

Sehingga Pemerintah memiliki cukup waktu untuk melakukan persiapan. Karena menghadapi isu apapun, pemerintah harus mengambil kemungkinan terburuk.

“Jika itu tidak terjadi, syukur alhamdulillah. Tapi, jika kemungkinan terburuk itu terjadi, kita sudah punya pola penanganan yang cepat dan tepat. Tidak terkesan panik,” ujar Syahrul, Selasa (3/3/2020).

Selain itu, Syahrul juga menitipkan pesan agar masyarakat tidak panik dan tetap menjaga kondisinya fisiknya.

“Saya juga menitipkan pesan kepada seluruh masyarakat agar tidak panik dengan kondisi ini dan tetap menjaga kondisi, meskipun itu kita juga harus tetap meningkatkan kewaspadaan kita,” pungkasnya

Berikut poin yang dapat dilakukan oleh pemerintah untuk menekan penyebaran virus corona:

1. Pemerintah harus memperketat pintu masuk jalur kedatangan baik darat, udara dan laut. Dengan menempatkan alat pendeteksi virus Corona.

2. Ditingkatan RT/RW harus lebih intens mengawasi warga nya yang memiliki penyakit demam dan batuk-batuk.

3. Tenaga kesehatan mulai di posyandu sampai di Puskesmas untuk lebih giat memberikan penanganan secara preventiv dalam bentuk penyuluhan kesehatan.

4. Puskesmas setempat harus menyiapkan layanan on call 24 jam agar informasi bisa langsung dengan mudah diterima apabila ada kejadian tersebut di masyarakat.

5. Terus berdoa agar supaya kita senantiasa dilindungi dari wabah penyakit corona. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *