Kabarnusantaranews, Sungguminasa ;– Pelaksanaan KKN Unhas kali ini berbeda dengan KKN yang terdahulu, oleh karena Pandemik Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia khususnya di Sulsel, maka KKN Unhas difokuskan ke Penanganan Pandemik Covid-19.

Untuk Kabupaten Gowa, para mahasiswa yang memang asalnya dari Gowa disebar di 10 kecamatan berdasarkan tempat tinggal masing-masing. Baik itu di dataran tinggi maupun didataran rendah.

Para peserta KKN akan berkegiatan dengan fokus utama ambil bagian dan turut serta dalam upaya penaggulangan penyebaran virus Covid-19 bersama Gugus tugas setempat. Para mahasiswa KKN melakukan edukasi ke masyarakat sekitar yang juga terkait dengan bidang ilmu masing-masing.

Kampanye penggunaan masker dan protokol kesehatan dalam era kebiasaan baru yang sejalan dengan program pemerintah kabupaten Gowa utamanya Penegakan Perda Wajib masker dan Penegakan Protokol Kesehatan.

Kampanye dilakukan dengan pemasangan spanduk dan poster ditempat-tempat umum dan media sosial, turun langsung kelapangan mengedukasi warga serta sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing.

Misalnya mengedukasi membuat tanaman Toga, memilih ikan yang segar dan sehat, tanaman hidroponik bahkan hingga penanganan protokol

pemakaman korban Covid.

Dr. Muh. Hasrul S.H.,M.H selaku kordinator Dosen pembimbing Wilayah Gowa mengatakan bahwa ini adalah wujud pelaksanaan Tridharma Perguruan tinggi.

“Utamanya pengabdian pada Masyarakat yang dikolaborasikan dengan program Pemerintah Daerah sebagai upaya bersama menangani dampak penyebaran wabah virus Covid-19,” tuturnya.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dalam sambutan Penerimaan beberapa waktu lalu juga menekankan bahwa seluruh kegiatan harus betul-betul sesuai dengan Protokol Kesehatan.

“Selain itu mahasiswa juga dapat menjadi agen perubahan dimasyarakat sekitarnya dalam upaya penanggulangan virus Covid-19,” katanya. (rls/adm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here