Festival Panen Raya Butta Lompoa Siapkan Ruang Diskusi UKM

Kabarnusantaranews, Bulukumba;- Festival Panen Raya Rakyat Butta Lompoa akan digelar di Cafe Sawah Baturapa Kelurahan Borong Rappoa Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba.

Kegiatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 November 2019 hingga tanggal 01 Desember 2019 dengan slogan “Mari jaga bumi, rawat tradisi”.

Festival ini merupakan pesta panen raya rakyat butta Lompoa setelah semua komoditi atau hasil bumi seperti kopi, cengkeh, dan padi telah dipanen, festival pesta panen raya ini juga merupakan wujud syukur dan suka cita kepada Tuhan.

Sirajuddin yang merupakan Ketua Panitia festival pesta panen rayara rakyat buttalompoa mengungkapkan bahwa, target yang ingin dicapai adalah mempererat kembali silaturahmi khusunya petani masyarakat Kecamatan Kindang.

“Ini biar supaya tak ada lagi sekat pembeda baik itu para pemuda-pemudi, dan antar organisasi-organisasi yang ada di Kecamatan Kindang.”Kata Sirajuddin, kepada awak media, Selasa, 26/11.

“Selain mempererat tali silaturrahmi, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan kepada publik bahwa di Kecamatan Kindang ada banyak potensi wisata yang tak kalah menariknya dari daerah lain,” pungkasnya.

Kegiatan festival ini dilaksanankan oleh pemuda Kecamatan kindang dan disupport oleh pemerintah Kecamatan Kindang dan pemerintah Kelurahan Borong Rappoa serta pemerintah Kabupaten Bulukumba bersama dengan DPRD Kabupaten Bulukumba. Tambahnya.

Perlu diketahui bahwa Festival ini terbuka untuk umum, khususnya seluruh warga masyarakat Kecamatan Kindang dan terbuka untuk semua organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Bulukumba.

“Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan pada festival panen raya Rakyat Butta Lompoa adalah, Appa’tena, Mappadendang, Sangrai kopi tradisional, Musik tradisional, lomba foto instagram, lomba layang-layang, dialog UKM dan penyuluhan ikan.”Tandasnya.

“Kita berharap silaturahmi antar masyarakat Kindang bisa terlestarikan dan menjaga kearifan lokal untuk membangun kebersamaan serta meningkatkan kreativitas para pemuda.”Tutupnya.(*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *