BLH PP Sulsel Gotong Royong Tanam Mangrove di Pantai Galesong

Kabarnusantaranews,Takalar;– Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemuda Pancasila Sulawesi Selatan sukses menggelar bakti sosial berupa penanaman mangrove di Dusun Borong Calla, Desa Tamasaju, Kecamatan Galesong Utara, Takalar, Minggu 13 Maret 2022.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Kadis Lingkungan Hidup Kab Takalar, Kanit Intel Polres, Ketua MPW PP Sulsel, Camat Galesong Utara, Kades Tamasaju, Sapma Takalar, MPC PP Takalar, Pelajar, Mahasiswa (Sintalaras UNM), dan warga setempat.

Ketua BLH PP Sulsel, Harianto Arruan dalam sosialisasinya menyampaikan, bahwa penanaman mangrove dilakukan untuk mencegah abrasi.

“Hari ini kita menanam mangrove. Besok tanam lagi. Agar sepanjang Bibir Pantai Galesong ini tercegah dari abrasi yang bisa menghadirkan banjir”, tegas Hari sapaan akrabnya.

Ke depan, kata Hari, dalam proses penjagahan dan perawatan mangrove, Pemda wajib turut serta dan BLH PP akan selalu siap jadi mitra utama.

Sementara, Ketua PW PP Sulsel, Diza Rasyid Ali mengatakan bahwa Mangrove akan jadi paru-paru bumi.

“Abrasi tidak terjadi jika mangrove kita jaga bersama”, ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Takalar menyampaikan terima kasih kepada Pemuda Pancasila terkhusus Badan Lingkungan Hidup.

“Ini sejarah baru hadirnya mangrove di Kabupaten Takalar Kacamatan Galesong. Dan Pemuda Pancasila adalah pemeran utamanya,”, tegasnya.

Menurut informasi dari Camat Galesong Utara menyebutkan bahwa dari dulu daerah ini tidak pernah terjadi banjir. Namun akhir-akhir ini sudah beberapa titik terkena banjir. (*)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *