Kabarnusantaranews,Makassar;– Pertanian memang merupakan salah satu sumber penunjang kelangsungan hidup bagi seluruh golongan masyarakat. Selain sebagai langkah kemandirian bangsa untuk ketersediaan bahan hasil pertanian juga hasil panen yang harus dijamin jumlahnya.

Baru-baru ini masyarakat Bantaeng di Kecamatan Bissapu menjadi lokasi selanjutnya dalam kegiatan sosialisasi Pupuk Putanik dengan dihadiri langsung oleh penyuluh pertanian dari pihak Pupuk Putanik plus di mediasi oleh H. Thamrin Labandoe sebagai tokoh masyarakat dan beberapa Kelompok Tani, Senin 4 Oktober 2021.

Dalam kegiatan itu, masyarakat menyambut baik adanya Pupuk Putanik plus yang merupakan Pupuk organik cair tanpa bahan kimia yang akan digunakan pada lahan pertanian mereka dalam menghasilkan berbagai jenis hasil pertanian.

“Kami sangat bersyukur adanya produk ini (Pupuk Putanik plus) yang semuanya terbuat dari bahan organik dan semoga bisa menjadi pupuk yang membuat penghasilan panen kami bisa lebih baik dan lebih banyak,” ungkap Sainal, selaku anggota Kelompok Tani Bungayya.

Setelah akhir kegiatan sosialisasi itu, Kelompok Tani dan penyuluh dari Pupuk Putanik langsung melakukan uji coba penggunaan pada lokasi persawahan seluas 250 Are sebagai lahan percontohan.

“Saya langsung menyediakan lahan saya untuk dijadikan lahan percontohan penggunaan pupuk putanik dan semoga nanti setalah panen, masyarakat bisa melihat hasilnya dan beralih menggunakan pupuk organik ini,” bebernya.

Bukan hanya di Kabupaten Bantaeng. Sebelumnya, Pupuk Putanik sudah digunakan oleh beberapa Kelompok Tani yang ada hampir seluruh Kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan karena melihat bahan dasar yang digunakan dan tidak membahayakan kandungan tanah serta hasil panen yang tidak terkontaminasi oleh zat-zat kimia.

Selain pupuk organik, juga ada beberapa produk yang bisa dimanfaatkan masyarakat seperti Pestisida Nabati dan Hayati, Formula Khusus bagi pemeliharaan peternakan dan hewan peliharaan, Disinfektan alami kandang ternak dan unggas, Formula khusus pertanian dan perkebunan, Pembenahan Tanah dan Formula khusus perikanan dan tambak. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here