Bantu Stok Darah RS, Bank Sulselbar Jeneponto Rutin Adakan Donor Darah

Kabar Nusantara News, JENEPONTO – Bantu penyediaan darah di RSUD Lanto Daeng Pasewang, Bank Sulselbar Cabang Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan menggelar kegiatan bakti sosial dengan menyelenggarakan donor setiap tiap triwulan.

Donor darah triwulan kedua dilaksanakan di halaman kantor Bank Sulselbar Jeneponto, Jalan Pahlawan nomor 5, Kelurahan Empong, Kecamatan Binamu, Rabu, 3 Mei 2023.

Kegiatan Donor darah kali ini, dihadiri langsung oleh Pimpinan Kantor Bank Sulselbar Cabang Jeneponto, Hasanuddin Mallingkai, Seksi Operasional dan Umum, Syarifuddin Saparuddin, Kepala ruangan UTD transfusi darah RSUD Lanto Daeng Pasewang, Baharuddin dan jajarannya.

Pemimpin Seksi Operasional dan Umum Bank Sulselbar Cabang Jeneponto Syarifuddin Saparuddin mengatakan, kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh Bank Sulselbar kali ini merupakan yang kedua kalinya.

“Donor darah perdana dilaksanakan pada Januari 2023 . Yang mana tempo hari mendapat respon positif serta dukungan penuh dari semua kalangan. Masyarakat sangat antusia untuk menyumbangkan darahnya,” kata Syarifuddin Saparuddin.

Menurutnya, dari antusias masyarakat saat itu, sehingga Bank Sulselbar menjadikan donor darah ini sebagai kegiatan rutinitas yang akan dilaksanakan pertriwulan.

“Kegiatan donor darah ini kita bekerjasama dengan RSUD Lanto Daeng Pasewang dan PMI. Bank Sulselbar membantu memfasilitasi dia untuk lebih memudahkan,” katanya.

Syarifuddin mengatakan, stok darah di RSUD Lanto Daeng Pasewang Jeneponto menipis sehingga Bank Sulselbar Cabang Jeneponto membantu pihak RS melalui kegiatan donor darah ini.

“Donor darah di RS menipis bahkan tidak ada, jadi melalui momentum Hari Jadi Bank Sulselbar kita fokuskan dalam kegiatan kemanusiaan dengan melaksanakan donor darah yang kita sudah agendakan setiap triwulan,” terangnya.

Sesuai informasi, kata Syarifuddin, pihak RSUD Lanto Daeng Pasewang dan PMI sangat terbantu dengan adanya aksi donor darah yang dilaksanakan oleh Bank Sulselbar Jeneponto.

“Pihak RSUD Lanto Daeng Pasewang dan PMI bersyukur sekali atas adanya kerjasama ini,” tambahnya.

Terkait dengan peserta donor darah, Syarifuddin mengatakan tidak ada batasan,”peserta kita buka untuk umum, tidak ada batas,” ujarnya.

Sementara, Kepala ruangan UTD transfusi darah RSUD Lanto Daeng Pasewang, Baharuddin menyampaikan ucapan terimakasihnya yang tak terhingga kepada pihak Bank Sulselbar Cabang Jeneponto atas kerjasamanya.

“Aksi donor darah ini cukup membantu pihak RS dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, apalagi di RSUD Lanto untuk sementara stok darah kosong,” katanya.

Baharuddin mengaku selama tahun 2023, permintaan darah banyak sekali yang masuk sehingga tidak bisa terpenuhi.

“Target kita hari ini sebanyak 100 kantong. Adapun jenisnya yakni, darah O, darah A dan AB,” sebutnya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *