Kabar Nusantara News;- Tim Layanan Kehutanan Masyarakat (TLKM) bekerjasama dengan PLN Sulselrabar dan halal center Universitas Hasanuddin melalui program bina lingkungan menggelar pelatihan pembuatan gula semut aren berbasis SNI di dusun Mare Mare desa Jangan Jangan Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru.Makassar (01/08/2018)

Kegiatan yang dilaksanakan tanggal 1 Agustus 2018 ini menghadirkan konsultan PLUT Provinsi Sulsel, Andi Gadis Kinanti sebagai Narasumber yang melatih 15 anggota Kelompok Tani Hutan Sipakainge.

Dalam kegiatan ini peserta dilatih proses pengolahan nira aren menjadi gula semut dan menghitung biaya produksi gula semut dan gula aren cetak.

Foto : proses pembuatan gula aren.

Pada kegiatan yang juga di hadiri oleh Muh Ichwan Kadir selaku direktur TLKM dan perwakilan dari PLN Sulselrabar ini juga memberikan bantuan peralatan produksi kepada KTH Sipakainge. Peralatan ini berupa penyaring nira, wajan, baki peyimpanan, dsb.

Pada kegiatan ini Ichwan mengatakan KTH Sipakainge selama ini hanya menjadi produsen gula aren cetak, “saat ini kita ingin mendampingi proses diversifikasi produk gula semut aren” tandasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here