Kabarnusantaranews, Makassar;- Kota Makassar yang saat ini masuk dalam kategori Kota Metropolitan terancam mengalami kekeringan air pada tahun 2035.

Hal ini dikatakan oleh Ketua WALHI Sulsel Muhammad Al Amin saat berdiskusi dengan Kader HMI Sulselbar, Minggu 21 Juli 2019, di Red Corner Coffe, Kota Makassar.

Amin menilai riset yang pernah dilakukan tahun 2018 terkait potensi sumber daya alam air tanah di kota Makassar dimana daratan Kota Makassar telah mengalami krisis air bersih.

“Kita juga mengambil refrensi dari Kementerian lingkungan hidup dan Kehutanan dimana daratan kota makassar sedang mengalami krisis air bersih karena adanya peningkatan penggunaan air tanah.”Kata Amin.

Kalau dihitung, lanjut Amin mengatakan daerah yang sudah mengalami entruksi air laut ada tiga kecamatan akibat penggunaan air tanah yang berlebihan.

“Ada tiga kecamatan yang mengalami entruksi air laut yaitu Kecamatan Biringkanayya Tamalanrea dan Tallo.”Tandasnya.

Kebijakan pemanfaatan air tanah di Kota Makassar adalah salah satu alasan utama hal ini terjadi.

“Sementara kebijakan pemanfaatan penggunaan air tanah di kota Makassar belum maksimal, masih banyak industri industri pariwisata misalnya perhotelan yang menggunakan air tanah tanpa pengendalian dari pemerintah sehingga ini yang menyebabkan potensi kekeringan di tahun 2035 itu semakin nyata dan ini hasil riset kami tahun 2018.” Tutupnya.(arh/ft)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here