Kabarnusantaranews, Makassar;- Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) yang tergabung dalam Kloter 6 Embarkasi Makassar mengunjungi lokasi kelahiran Rasulullah Muhammad Saw, Sabtu (27/7) sore.

Muhammad Yusuf Shandy, TPHD Kabupaten Bulukumba menyebutkan, “Alhamdulillah, Sabtu sore, kami datang bersama TPHD asal Kabupaten Bone, Andi Asman Sulaiman, kakak Wakil Gunernur Sulsel.”

Ust. Yusuf Shandy demikian ia sering disapa menambahkan, bahwa rumah tempat kelahiran Rasulullah Saw pada tahun 571 Masehi itu kini telah diubah menjadi pusat peradaban dan pengembangan literasi Islam di Makkah, ia diubah menjadi Perpustakaan Makkah Al-Mukarramah.

“Posisinya berada di sebelah utara Masjidil Haram, sekitar 150 meter dari Bukit Marwah, sekarang dikenal sebagai Maktabah (Perpustakaan) Makkah Al-Mukarramah,” terangnya.

Saat ditanya, apakah betul Rasulullah Saw lahir di tempat tersebut, ia mengatakan, “Iya, berdasarkan keterangan dari para ahli sejarah, beliau Saw lahir di tempat ini, sebagaimana juga disampaikan oleh para pegawai Perpustakaan Makkah ini.”Terangnya

Lebih jauh ia menjelaskan, bahwa di dalam perpustakaan tersebut terdapat ribuan judul buku dan literatur, termasuk makhthuthat (naskah-naskah kuno) karya ulama-ulama terdahulu.

“Tempat ini salah satu rujukan penting bagi para peneliti di berbagai disiplin ilmu pengetahuan,” ucapnya.

Di samping perpustakaan tersebut, terdapat sebuah bangunan yang dikenal sebagai Sabil Zamzam (aliran air zamzam). Di tempat inilah para petugas dan jamaah haji dan umrah mengambil air zamzam dalam jumlah banyak.

Untuk diketahui, pada Kolter 6 Embarkasi Makassar terdapat tiga orang TPHD, Muhammad Yusuf Shandy dari Bulukumba, Andi Asman Sulaeman dari Bone, dan Armansyah dari Makassar.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here