Kabarnusantaranews, Kupang;- Kapal muatan Beras KLM Sama Indah Tujuan Kupang dari Bone milik H.Safring asal Sulawesi-Selatan masih tertahan di pelabuhan tenau, Kupang.

Penahanan ini diduga dengan alasan Kapal angkutan KLM Sama indah ini tidak mempunyai ijin secara resmi saat di periksa pelabuhan setempat untuk muatan beras dari Binjai tujuan Kupang.

Saat dihubungi, Nahkoda kapal Dalwin mengaku heran atas apa yang dituduhkan kepada mereka terkait tidak adanya ijin perjalanan dari pelabuhan Bone menuju Kupang.

“Kalau kapal kami tidak memiliki dokumen lengkap secara administrasi maka seharusnya sejak di Pelabuhan Bone kapal sudah ditahan.” Ungkap Dalwin saat kepada awak media, Kamis ,09/8.

“Herannya sampai sekarang kapal yang memiliki dokumen lengkap tetap ditahan pihak Polres setempat.”Jelasnya.

Sementara itu H.Safring pemilik kapal yang dihubungi terpisah mengaku sangat dirugikan dengan adanya kejadian ini.

Kapal KLM Sama Indah di Pelabuhan Kupang(Foto/Ist)

“Saat ini anak buah kapal tertahan di pelabuhan Pol Airud Kupang Nusa Tenggara, hingga hari ini tidak bisa merayakan hari raya idul adha bersama keluarga dikampung.”Kata H.Saming saat dihubungi, Kamis 08/08.

Bukan cuma itu, lanjut Saming sapaan H.Safring, mengaku Secara bisnis sangat dirugikan dengan adanya penahanan ini.

“Secara bisnis kami sangat dirugikan karena Kapal kami sengaja di perlambat dalam Proses penahanan beras yang dikirim ke Kupang.” Tandasnya.

Pemilik Beras H.Daeng Mapile mengaku jika beras sebanyak 70 Ton tanpa label Bulog yang dikirim ke NTT atas kesepakatan Bulog NTT berdasarkan kerjasama sesuai permintaan serta melalui uji kelayakan konsumsi dan memenuhi mekanisme perdagangan.

“Silahkan periksa dokumen yang dibawah melalui kapal angkutan berada tujuan bulog Kupang.Beras yang diminta standar permintaan sudah sesuai kebutuhan permintaan pihak pertama.” Tandasnya.

Diketahui Kapal ini ditahan oleh Polresta Kupang sejak 25 Juli 2019 dengan alasan tidak memiliki dokumen yang lengkap dalam pengiriman Beras dari Bone ke Kupang.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here