Sekdis DAMKAR Makassar Gunakan Pakaian Adat Sosialisasi Pencegahan Bahaya Kebakaran Di Bontoala

Kabar Nusantara News ;– Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar, Hasanuddin, bersama Abid M Aswin K menggelar sosialisasi pencegahan bahaya kebakaran di pasar Kalimbu, Kelurahan Wajo Baru, Kecamatan Bontoala, Makassar, Senin (1/4/2019).

Uniknya, Sekdis Hasanuddin dan beberapa staf Dinas Damkar Makassar lainnya memakai pakaian adat bugis makassar. Karena bertepatan dengan Hari Kebudayaan Kota Makassar.

“Hari ini semua staf dan personil Damkar berpakaian adat. Ini dalam rangka Hari Kebudayaan Kota Makassar yang dicanangkan oleh Walikota Makassar”. Kata Hasanuddin usai membuka acara sosialisasi pencegahan bahaya kebakaran di pasar Kalimbu, siang tadi.

“Seharian kami berpakaian adat, termasuk di acara sosialisasi yang kami gelar di pasar Kalimbu”. Ujarnya.

Dihadapan puluhan warga peserta sosialisasi, Hasanuddin menyampaikan bahwa, untuk mencegah dan mengatasi kebakaran bukan hanya tanggung jawab Dinas Pemadam Kebakaran, masyarakat secara umum wajib ikut serta untuk mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran terutama di lingkungan kerja atau di rumah masing-masing.

“Apalagi di pasar, sangat rentan terjadi kebakaran. Untuk itu kita mengimbau agar masyarakat atau warga pasar harus waspada dengan bahaya kebakaran”. Katanya.

Hasanuddin menjelaskan, ada beberapa tips untuk mencegah terjadinya kebakaran, yakni membiasakan memeriksa peralatan listrik di lingkungan kerja atau tempat tinggal, misalnya dengan memperbaiki setiap sambungan yang longgar,  karena sambungan yang longgar dapat menyebabkan kabel menjadi panas dan kemudian akan terbakar.

Bagi yang menggunakan kompor gas, bila tercium bau gas yang bocor atasilah dengan cara mencabut regulator gas dari tabung, segera buka semua jendela atau pintu agar gas yang bocor di ruangan dapat keluar.

Jangan coba-coba menghidupkan atau mematikan lampu atau peralatan listrik yang terpasang karena dapat menyebabkan terjadinya percikan api dan dapat langsung menyambar ke gas yang sudah ada dalam ruangan akibat kebocoran.(**)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *