Presiden Jokowi : Kalau Tidak Beli Mobil Esemka, Kebangetan

Kabarnusantaranews, Nasional;- Presiden Joko Widodo turun menyaksikan langsung peluncuran mobil Esemka di Boyolali, Jawa Tengah.

Jokowi pun menilai mobil ini akan laris dipasaran dan diyakini mampu mendongkrak perekonomian warga sekitar.

“Tapi kalau lihat produknya tadi, saya sudah buka, sudah nyoba, sudah lihat sudah test, memang wajib kita beli barang ini. Kalau beli barang dari produk lain ya kebangeten, apalagi yang impor,” ucapnya di pabrik milik PT Solo Manufaktur Kreasi, Jl Raya Demangan Km 3,5 Sambi-Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

Mobil yang selalu di kaitkan dengan Jokowi ini dijual dengan harga Rp.95 juta of the road dimana mobil yang di luncurkan bernama Bima.

Bima yang berjenis pick up ini memiliki model kelir putih di bagian bodi sementara cat hitam di bagian grille.

Dalam brosur tertera Esemka Bima dibekali mesin 1.2 L E-power 14 DOHC. Mobil memiliki daya maksimum setara 72 kW dan torsi maksimum 119 Nm.

Secara dimensi, Esemka memiliki panjang 4.560 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.890 mm dengan karbo boks berukuran 2.750 mmx 1.600 mm x 460 mm.

Jokowi memuji inovasi Esemka meski dia tahu kandungan lokal mobil belum cukup tinggi.

“Meskipun saya tahu pasti belum sampai angka 80 apalagi 100%. Tapi sebagai sebuah usaha pertama dalam memulai industri otomotif dengan brand dan prinsipal Indonesia, ini kita harus acungi jempol keberanian PT Solo Manufaktur Kreasi ini,” ujar Jokowi.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *