Kabarnusantaranews, Makassar;- Peristiwa kebakaran lahan Pohon Sagu, terjadi di lingkungan Rasai Kelurahan Balo-balo Kecamatan Belopa Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Rabu (11/12/2019).

Lahan pohon Sagu dilahap api sebanyak 30 pohon yang terbakar milik Bapak Tongnge (40), bekerja sebagai petani beralamat di kelurahan Balo-balo kecamatan Belopa kabupaten Luwu.

Atas peristiwa itu, Kapolsek Belopa Polres Luwu AKP Ahmad S.Sos menerjunkan personilnya membantu masyarakat dan pihak pemadam kebakaran memadamkan api.

Terpantau, nampak Salah satu Pihak Polsek Belopa Bripka Musli sebagai Kanit Intelkam, menyemprot kobaran api bersama pihak pemadaman luwu walaupun api sudah merembet ke pohon lain namun tidak mematah semangatnya berusaha padamkan api tersebut.

Kapolsek Belopa AKP Ahmad S.Sos melalui Kanit Intelkam Bripka Musli mengatakan bahwa kebakaran lahan pohon Sagu terjadi pada siang hari sekitar pukul 11.30 wita dan berhasil di padamkan sekitar pukul 11.40 wita oleh pihak pemadaman bersama Pihak Polsek dan masyarakat.

” Kebakaran awalnya diketahui oleh warga sekitar saat asap dan api sudah membesar melahap lahan pohon Sagu dan warga dan pemilik lahan belum mengetahui asal mula api tersebut ” kata Musli.

Terpisah, Kapolsek Belopa AKP Ahmad S.Sos menerangkan bahwa dugaan sementara ini masih dalam penyelidikan oleh pihak Polsek Belopa serta masih mendalami asal mula peristiwa kebakaran lahan pohon Sagu ” ucapnya.

Dalam kesempatannya, Bripka Musli berpesan bahwa mengantisipasi kebakaran lahan diharapkan kepada warga untuk tidak membakar lahan tanpa pantauan dan jangan buang pontong rokok sembarangan ” Tuturnya.

Tambahnya, ” Kami himbaukan kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan tanpa pemantauan dan bagi perokok jangan pernah membuang puntung rokoknya sembarangan tempat karena dapat berakibat pidana ” Pungkas Bripka Musli.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here