Plt Gubernur Minta Pengelola Mall Perhatikan Jumlah Maksimal Pengunjung

Kabarnusantaranews,Makassar;– Sejumlah pusat perbelanjaan seperti mall dan toko fashion mulai dipadati pembeli. Sama halnya terjadi di Ibukota Sulsel, Kota Makassar.

Dari beberapa video dan foto yang beredar di media sosial, tampak antusiasme dan kerumunan masyarakat berbelanja jelang lebaran. Padahal, saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Menanggapi kejadian itu, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyesalkan kejadian itu. Menurutnya, pengelola ataupun penanggungjawab mall ataupun toko harus memperhatikan kapasitas pengunjung.

“Saat ini masih pandemi, jadi harusnya pihak pengelola mall ataupun toko (fashion) bisa membatasi pengunjung yang masuk dengan maksimal kapasitas 50 persen pengunjung, mengatur jarak pengunjung, memakai masker, serta ada pengukuran suhu tubuh,” katanya, Minggu, 2 Mei 2021.

Dirinya pun telah menginstruksikan tim gabungan yang terdiri dari aparat TNI, Polri dan Satpol PP, untuk turun melihat dan memantau langsung titik-titik yang bisa berdampak keramaian.

“Besok kita kerahkan petugas pengamanan ke lokasi, serta telah koordinasi dengan Pak Kapolda untuk pengaturan arus kendaraan pengunjung sistem buka tutup ke pusat keramaian, demi menjaga pengunjung maksimal 50 persen,” terangnya.

“Jadi kendaraan pengunjung akan kita alihkan sesuai kontrol tetap 50 persen di pusat keramaian, juga akan kita jaga pintu masuk mall, pasar dan pusat keramaian lainnya dengan sistem buka tutup arus pengunjung dan parkiran,” sambungnya.

Nantinya, jika ditemukan adanya pusat perbelanjaan yang mengabaikan protokol kesehatan, kata dia, akan diberikan sanksi tegas kepada pemiliknya. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *