Pegawai DPU Makassar Ikuti Sosialisasi Skrining Mandiri TBC

Kabarnusantaranews,Makassar; Sejumlah Pegawai Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar mengikuti Sosialisasi Skrining Mandiri TBC melalui Aplikasi Sobat TB yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Makassar, di Ruang Rapat Lantai 2 Dinas PU Kota Makassar, Kamis (24/3/2022).

Aplikasi “Sobat TB” ini merupakan aplikasi berbasis ponsel pintar yang dirancang untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi TBC yang akurat, mengakses layanan TBC, serta melakukan deteksi dini TBC melalui fitur skrining mandiri.

Pengelola Program TB Dinas Kesehatan Kota Makassar, Sierli Natar sebagai narasumber menyampaikan, bahwa deteksi dini gejala TBC ini adalah bagian dari Forum Multisektor Percepatan Eliminasi TB Kota Makassar untuk mendeteksi atau menskrining gejala TBC dilingkungan sekitar.

“Aplikasi Sobat TB ini untuk mengdeteksi dini gejala TBC berbasis ponsel pintar. Tujuannya untuk mempermudah masyarakat mengakses informasi TBC karena Indonesia saat ini sudah masuk nomor urut kedua tertinggi kasus TBC Dunia,” tutur Serli.

Sementara itu, PPID Dinas PU Kota Makassar, Hamka Darwis mengatakan sosialisasi skrining mandiri TBC dari Dinas Kesehatan sangat penting untuk menjangkau lebih banyak masyarakat dalam hal edukasi, skrining, serta pendampingan pengobatan dapat makin dipermudah melalui aplikasi Sobat TB.

“Sejumlah pegawai kita di Dinas PU Kota Makassar mengikuti sosialisasi ini agar dalam mengakses layanan TBC bisa lebih mudah untuk disampaikan ke keluarganya dan lingkungan sekitarnya,” tandasnya. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *