Pa’raga, Inspirasi Pembuat Logo HUT Sulsel ke-350

Kabarnusantaranews, Makassar;- Provinsi Sulawesi Selatan memperingati hari jadinya yang ke-350 tahun tepat 19 Oktober 2019, pada peringatan kali ini terhadap hal yang unik, yakni logo HUT Sulsel yang terinspirasi dari Paraga.

“Saya terinspirasi setelah melihat patung di Pantai Losari.” Kata Fenddy pembuat logo Hut Sulsel ke-350.

Paraga adalah permainan dan olah raga sekaligus kesenian tradisional asal Sulsel. Paraga sendiri merupakan pertunjukan khas Sulawesi Selatan yang terdiri dari enam orang laki-laki dengan pakaian adat passapu`, dipadu dengan baju kantiu dengan celana barocci, untuk memperlihatkan keterampilan atau atraksi dalam memainkan bola raga (bola takraw).

Menurut kepercayaan bola takraw yang digunakan terlebih dahulu dianyam sebanyak tiga lapis dengan iktikad berilah persangkaan baik dan keberpegangan pada kelurusan, karena Tuhan adalah segala sebab atau dalam bahasa Makasaar ampedecengngi makkatenning ri lempu’e, nasaba puangge passabakeng.

Dalam makna lain paraga dapat dimaknai sebagai aktualisasi a’rannu-rannu atau senang-senang, sehingga sangat cocok untuk dijadikan inspirasi dalam membuat logo perayaan hari jadi Sulawesi Selatan.(*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *