Panglima Ta’ Bareng Letjen TNI Purn Doni Monardo Hadiri Reuni Trambesi di Maros

Kabar Nusantara News, MAROS — Mayjen TNI (Purn) Andi Muhammad Mappanyukki (Panglima Ta’) bersama Ketua Umum Persatuan Purnawirawan TNI-AD (PPAD) Letjen TNI (Purn), Doni Monardo serta pengurus Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) Sulsel, mengunjungi Markas Brigif Para Raider 3/Tri Budi Sakti, Kariango, Mandai, Maros, Selasa (6/12). Kedatanganya dalam rangka menghadiri Reuni Trembesi 2022.

Menurut Panglima Ta’, hal ini merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri, karena dapat berkumpul dan bertatap muka. Tentunya hal ini dapat membangkitkan semangat baru untuk seluruh anggota purnawirawan dalam menjalankan peran sebagai warga Negara Indonesia.

“Kebersamaan seperti ini perlu kita jaga agar tetap terjalin hubungan yang kokoh serta harmonis,” tutur eks Pangdam XIV Hasanuddin ini.

Sementara Doni Monardo mengatakan, reuni ini dihadiri para prajurit dan komunitas yang berkontribusi dalam penanaman pohon, baik di Kariango maupun di Sulawesi dan akhirnya berkembang di seluruh Indonesia. Reuni ini juga bertujuan untuk mengenang jasa Andi Tenri Onny Gappa.

“Karena beliau lah yang memberikan dukungan paling besar dan paling banyak untuk program penanaman trembesi. Beliau bersedia memberikan edukasi kepada satuan-satuan TNI baik di pulau Jawa maupun di daerah lainnya,” ujarnya.

Doni menerangkan, program penanaman trembesi ini ia cetuskan bersama Onny Gappa pada tahun 2006. Namun, kata dia, inspirasi penanaman trembesi sudah muncul sejak 2001.

“Saat 2001 ditugaskan menjadi Paspampres, ketika berkunjung ke Indonesia dari Aceh sampai Papua saya hampir pasti menjumpai 3 pohon, yakni beringin, asam dan terambesi,” ujarnya.

“Saya melihat terambesi yang berusia ratusan tahun kokoh dan juga bisa memberikan perlindungan kenyamanan kepada masyarakat,” tambahnya.

Tak sampai disitu, ada 141 ribu bibit pohon trembesi yang diserahkan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang rencananya akan ditanam di Ibu Kota Negara (IKN). (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *