Kabar Nusantara News;- Pemerhati Budaya Tana Luwu Musly Anwar kembali bincang sejarah dan bedah buku hasil karyanya yang berjudul “Pahlawan Luwu” dengan rangkaian Hari perlawanan Rakyat Luwu sore tadi Kamis 31/01 diaula kantor camat burau Kabupaten Luwu Timur dimana sebelumnya dilakukan Senin 28/01 di aula kantor camat Wotu.Makassar (01/02/2019)

Bincang sejarah ini melibatkan Musly Anwar selaku penulis, Andi Mattingaragau, Penulis dan sekaligus Wakil Rektor 1 Universitas Andi Djemma.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas pendidikan Kabupaten Luwu Timur, La besse mewakili Bupati Luwu Timur.

Dalam sambutannya, La besse menyampaikan bahwa Pemkab.Luwu Timur menyambut  baik kegiatan bedah buku tersebut sebagai kegiatan positif dalam menunbuhkan semangat patriotisme generasi mendatang dan menambah wawasan pendidikan dan pemahaman pahlawan nasional.

“Ini adalah kegiatan yang menumbuhkan semangat patriotisme, kita di Pemerintah Daerah pasti mendukung dan mensupport kegiatan ini.”Ungkap La Besse saat sambutan, Kamis 31/01.

La besse menambahkan, Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia dikenal banyak pahlawan nasional yang gigih berjuang mengusir penjajah.

“Jadi banyak pahlawan Indonesia yang besar sukses mengusir penjajah termasuk pahlawan dari tanah Luwu, seperti Andi Djemma, Opu Dg Risaju, Opu To Sappaile, Andi Tadda, Andi Pandangai, dan masih banyak lagi yang lainnya.”imbuhnya.

Menurutnya, Jasa-jasa para pahlawan tersebut setiap tahun diperingati  melalui Hari Perlawanan Rakyat Luwu yang digilir kesemua Kabupaten/Kota se Luwu raya.

La besse pun menyampaikan ucapan apresiasi dari Pemda Luwu Timur atas capaian capaian dari karya Musly Anwar itu sendiri.

“Kepada penulis buku Pahlawan Luwu, Musly Anwar Pemerintah Daerah Lutim mengapresiasi karya-karya musly anwar yang sebelumnya diwujudkan dalam bentuk poster pahlawan nasional Andi Djemma dan Opu dg risadju.”Tambahnya.

“sekaligus mengucapkan terima kasih kepada generasi muda potensial Luwu Timur ini dan diharapkan terus berkarya untuk sehinggah kedepan akan ada lagi buku Pahlawan Luwu seri ke – 2 yang isinya akan memuat sosok pahlawan Luwu lainnya, yang mungkin belum termuat dalam buku cetakan pertama.”Tutupnya.

Sementara itu, Sang Penulis Musly Anwar mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak terkhusus Pemerintah Luwu Timur karena telah mendukung full kegiatan ini.

“Apresiasi Luar Biasa Dari Pemerintah Lutim, Tokoh-tokoh Adat, Dan Para Guru Guru, Dimana saya diberi Ruang Untuk Berbagi dan berbincang tentang Sejarah Perjuangan Para Pendahulu Di Tana Luwu, dan terkhusus Buat Kakanda Andi Mattingaragau dan adik2 yg telah banyak membantu hingga kegiatan ini terlaksana dua kali.”

Turut hadir dalam bincang sejarah dan bedah buku kedua ini diantaranya, Kadis Perpustkaan dan kearsipan yg diwakili oleh pak julius La Besse, Sekretaris Camat Burau serta tokoh masyarakat adat pamona dan guru guru serta siswa yg ada dikecamatan burau.(Arh)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here