Masyarakat Bone dapat Pelayanan TNT Online dari Bank Sulselbar

Kabarnusataranews,Makassar– Bank Sulselbar mengadakan acara sosialisasi sistem Transaksi Non Tunai (TNT) berbasis online, bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Bone, Selasa, 13 Oktober 2020.

Acara tersebut dihadiri dan dibuka Kepala dinas kesehatan dr. Hj. Andi Kasma M.kes dan dibawakan Andi Mulyadi selaku pimpinan PT.Bank sulselbar cabang Utama Bone.

Acara tersebut di ikuti seluruh puskesmas se Kabupaten Bone.

Sebanyak 38 puskesmas yang diwakili masing masing kepala puskesmas, bendahara Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan bendahara Bantuan Oprasional Kesehatan (BOK) hingga total peserta sebanyak 114 orang.

Andi Mulyadi, selaku pemateri pada acara tersebut mengatakan, Sistem Transaksi Non Tunai (TNT) sendiri adalah sistem informasi yang diperuntukkan kepada pengguna anggaran (dinas/bendahara), untuk melakukan proses pembayaran kepada rekening tujuan secara non tunai.

Berdasarkan surat edaran menteri dalam negeri nomor. 910/14003/SJ tanggal 13 dtesember 2019, yang mengatur tentang akselerasi implementasi Non Tunai, dalam rangka elektronifikasi transaksi pemerintah daerah sistem ini bertujuan untuk mempercepat proses transaksi sehingga prosesnya lebih efisien, lebih transparan dan dapat meminimalisir tindak kejahatan.

“Bank sulselbar menyediakan TNT online berbasis internet sebagai fasilitas digital, untuk melakukan proses transaksi dari rekening nasabah atau rekening puskesmas, TNT online tersebut dapat diakses melalui perangkat seperti; HP atau PC/Laptop dengan koneksi internet yang stabil sehingga menjadikan proses transaksi menjadi simpel dan cepat,” ujarnya.

Pada sistem TNT online yang disediakan oleh Bank Sulselbar tersebut, pemilik user dalam hal ini kepala puskesmas ataupun para bendahara puskesmas dapat melakukan cek saldo rekening, transfer (honorer, gaji, tunjangan, rekanan,dll), pembayaran pajak(PPh,PPn) serta pembayaran tagihan PLN.

Mempertimbangkan keadaan pandemi saat ini serta terbatasnya ruangan, Acara tersebut dilaksanakan dalam 2 sesi, sesi pertama dimulai pada pukul 09:00 wita dan selesai pada pukul 12:00 wita, sedangkan sesi kedua dimulai pada pukul 13:00 wita dan selesai pada pukul 17:00 wita,

Masing masing sesi dihadiri oleh 19 puskesmas yang diwakili oleh kepala puskesmas, bendahara JKN serta bendahara BOK.

Dalam acara tersebut juga dijelaskan cara penggunaan sistem TNT online dan kendala kendala apa saja yang mungkin dihadapai dalam proses penggunaan sistem TNT online.(rls/tim)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *