Kursi Pimpinan AKD DPRD Makassar Bakal Dirombak Bulan Depan

Kabarnusantaranews,Makassar;- Pimpinan alat kelengkapan dewan (AKD) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar akan dirombak pada Maret mendatang. Jatah kursi pimpinan akan diberikan kepada empat fraksi.

Pergantian unsur pimpinan AKD berdasarkan kesepakatan fraksi-fraksi di DPRD pada awal periode, terkait pengisian jabatan pimpinan AKD yang diberikan setengah periode berjalan kepada masing-masing fraksi pemilik kursi di legislatif.

Koordinator Bamus DPRD Makassar, Andi Suhada Sapaille, mengatakan pada awal Maret nanti Bamus mengagendakan agar fraksi-fraksi mulai membahas secara internal.

Dia berharap nama-nama anggota dewan tiap fraksi yang direkomendasikan sudah bisa disetor ke pimpinan DPRD, guna mengisi porsi pimpinan yang jatanya diberikan ke pada empat fraksi.

“Kita jadwalkan Maret mendatang sudah diparipurnakan nama-nama yang disetorkan dari masing-masing fraksi,” kata Ketua DPC PDIP Kota Makassar.

Empat fraksi yang akan mendapat porsi jatah kursi pimpinan AKD di dua setengah tahun periode, yakni Fraksi PPP akan mengisi kursi pimpinan Ketua Komisi A Bidang Pemerintahan, Fraksi PAN mengisi kursi pimpian Komisi C Bidang Pembangunan, Fraksi PKS akan mengisi Komisi D Bidang Kesra, dan Fraksi Gerindra mendapat pimpinan Komisi B Bidang Ekonomi.

Sementara untuk pimpinan AKD yang lain seperti Bamus dan Banggar tetap akan diisi oleh fraksi pemilik kursi terbanyak, yakni Demokrat dan PDI-P. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *