Ini Trobosan Baru Bank Sulselbar, dalam Program PEN

Kabarnusantaranews,Makassar– PT. Bank Sulselbar, sebagai salah satu lembaga perbankan milik daerah melakukan terobosan baru dalam rangka mensukseskan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang digagas Pemerintah Pusat, dengan mengajak PT. Givaudan, perusahaan yang bergerak membeli Minyak Nilam secara berkelanjutan.

Kegiatan digagas sebab produksi Minyak Nilam memiliki peran strategis untuk menopang kebangkitan ekonomi di era new normal.

Kegiatan dilakukan di Balai Pertemuan Pertanian, desa Lombang-Lombang, kabupaten Mamuju dan dibuka langsung Plt Mamuju, Wahab Hasan Sulur yang dihadiri oleh Sekprov Sulbar, Kakanwil Perbendarahaan Sulbar, Sejumlah OPD lingkup provinsi dan kabupaten serta kepala cabang Bank Sulselbar se-Sulawesi Barat, Selasa (17/11/2020).

Penandatanganan kerja sama bersama kelompok petani Nilam dilakukan secara virtual oleh Direktur Pemasaran dan Syariah Bank Sulselbar Hj. Rosmala Arifin, sementara dari pihak Givaudan ditandatangani Presiden Direktur PT. Givaudan Indonesia Sariwatyna Lukito Wimandjaja.

Pimpinan Bank Sulselbar cabang utama Mamuju, Syarifuddi Haruna bersama awak media mengatakan, pihaknya sejak tahun 2018 sudah mulai menginisiasi program pengembangan tanaman nilam melalui program KUR.

“Dulunya produksi petani nilam hanya bisa mencapai sekitar 2-3 ton per bulan. Namun hingga saat ini melalui program KUR ini dan pola kemitraan bersama PT. Givaudan Indonesia, produksi rata-rata sudah mencapai hingga 6-8 ton per bulan dan jika dirupiahkan sudah sekitar 4 sampai 6 miliar per bulannya,” ujar Syarifuddin Haruna. (rls/tim)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *