Hadiri Dies Natalis ke-65 Fakultas Kedokteran Unhas, ini Harapan Sekprov

Kabarnusantaranews,Makassar;– Puncak Dies Natalis yang ke 65 Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Abdul Hayat Gani. Ia mengikuti acara tersebut secara virtual zoom meeting, di Baruga Lounge Kantor Gubernur, Kamis, 28 Januari 2021.

Abdul Hayat mengucapkan selamat atas Dies Natalis yang ke 65 kepada seluruh keluarga besar Civitas Akademika Fakultas Kedokteran Unhas. Ia berharap, Fakultas Kedokteran Unhas bisa menyiapkan SDM intelektual.

“Semoga Fakultas Kedokteran Unhas bisa terus mempersiapkan mahasiswa-mahasiswi intelektual yang bisa menjawab tantangan kebutuhan kesehatan masyarakat, khususnya di Sulawesi Selatan,” ucapnya.

Abdul Hayat juga berterima kasih kepada Fakultas Kedokteran Unhas yang berinisiatif menjalin sinergi yang luar biasa dengan Pemprov Sulsel, untuk menanggulangi pandemi. Mulai dari memberikan masukan, membantu kebutuhan tenaga kesehatan, sampai mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya protokol kesehatan.

Untuk itu, ia berharap sinergi positif dan semangat untuk saling membangun antara Pemprov Sulsel dengan Fakultas Kedokteran Unhas bisa semakin erat, khususnya dalam kegiatan vaksinasi.

“Saat ini memang jamannya sosmed dan tidak jarang masyarakat kita menjadi korban hoax. Padahal, vaksin Sinovac ini sudah teruji klinis dan Insya Allah akan menekan angka terpapar,” terangnya.

Menurutnya, Fakultas Kedokteran sendiri punya sekitar 1.500 mahasiswa. Jika bisa ikut mensosialisasikan, akan sangat membantu proses vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan di Sulsel.

“Pemprov juga terus meningkatkan infrastruktur dan konektivitas. Salah satu program prioritas kami adalah pembukaan akses jalan ke berbagai daerah terisolir dan pengembangan pulau-pulau terpencil,” ujarnya.

Ia juga berharap, Fakultas Kedokteran Unhas bisa mengambil peran, terutama mahasiswa yang bisa bergantian melakukan penyuluhan dan pelayanan kesehatan di daerah-daerah terisolir tersebut. Terlebih lagi, Pemprov sudah menyediakan ambulans laut untuk warga pulau dan membangun RS Regional di Parepare.

Terakhir, Fakultas Kedokteran Unhas, telah berkontribusi besar dalam pembangunan SDM, khususnya di bidang kesehatan. Tidak hanya di Sulsel, tetapi juga Indonesia.

“Semoga Fakultas Kedokteran Unhas dapat selalu menjadi pencetak SDM yang mampu memberikan solusi untuk tantangan-tantangan baru yang kita hadapi, sehingga kita dapat menghasilkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” tutupnya.

Sementara itu, Rektor Unhas Makassar, Prof Dwia Aries Tina Pulu Buhu, menyampaikan, meski di tengah pandemi Covid-19 yang selama hampir setahun ini, perayaan Dies Natalis yang ke 65 Fakultas Kedokteran Unhas Makassar, tetap meriah. Fakultas Kedokteran sudah melakukan banyak hal selama ini di usia yang sudah matang. Fakultas Kedokteran Unhas juga bisa dikatakan sebagai vocal poin bagi wilayah regional dan nasional.

“Fakultas Kedokteran Unhas juga sudah banyak melahirkan mahasiswa-mahasiswi asing seperti Malaysia, dan lain-lain. Selain itu, juga telah bekerjasama dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia, Cina, Jepang, sehingga Fakultas Kedokteran ini berkembang ke masyarakat dan pemerintah,” terangnya. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *