Gempa Bulukumba Terasa Sampai Bantaeng Dan Jeneponto,Ini pernyataan BMKG

Kabar Nusantara News;- Gempa yang mengguncang Bulukumba siang ini ternyata berasa sampai ke Bantaeng dan Jeneponto.Makassar (03/02/2018).

Sesuai dengan Rilis BMKG,belum ada info akan terjadinya Gempa Susulan dan kerusakan Bangunan Akibat Gempa,berikut Pernyataan BMKG :

Hari Sabtu, 03 Februari 2018, gempabumi tektonik mengguncang wilayah Kab. Jeneponto dan Kab. Bantaeng, Sulawesi Selatan. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 12:44:41 WITA dengan kekuatan M=4,6 Skala Richter, dengan posisi episenter pada koordinat 6.11 LS dan 119.65 BT atau berlokasi di Laut Flores pada jarak 61 km Barat Daya Kab. Jeneponto, pada kedalaman 10 km. Gempa tidak berpotensi Tsunami.

Dari hasil observasi BMKG Wilayah IV Makassar, karakteristik sinyal gempabumi ini menunjukkan gempabumi tektonik. Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi ini merupakan gempabumi dengan kedalaman dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempabumi dirasakan di Kab. Jeneponto dan Kab. Bantaeng sebesar II SIG-BMKG (II-III MMI), serta Kab. Bulukumba dan Kab. Sinjai sebesar I SIG-BMKG (I-II MMI). Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda yang tergantung bergoyang.

Sampai dengan laporan ini dibuat, belum terjadi gempabumi susulan dan belum ada laporan terjadinya kerusakan. Kepada masyarakat di sekitar lokasi sumber gempabumi, dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertanggungjawab. Masyarakat juga dihimbau untuk tetap mengikuti arahan Pemerintah Daerah melalui BPBD dan mengikuti perkembangan informasi gempabumi dari BMKG.

Makassar, 03 Februari 2018

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV Makassar

TTD

A.Fachri Radjab, S.Si, M.Si

NIP. 19750718 199703 1 001

Penulis : AA || Editor : Albart

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *