Gempa Bumi Mengguncang Sorowako Luwu Timur

Kabar Nusantara News;- Gempa Bumi mengguncang sorowako Luwu Timur Sulawesi Selatan Kamis 11 Januari 2018.Makassar (11/1/2018)

Dari Pantaun BMKG,kekuatan gempa yang mengguncang Sorowako ini 3,0 SR.

Berikut ini pernyataaan resmi dri Kepala Balai Besar Meterologi Kilmatologi dan Geofisika Wilayah IV Makassar Andi Fachri Rajab :

GEMPABUMI GUNCANG SOROWAKO DAN DAERAH DISEKITARNYA

Hari Kamis, 11 Januari 2018 , gempabumi tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 17:42:26 WITA dengan kekuatan M=3,0 Skala Richter dengan koordinat episenter 2.45 LS dan 121.14 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 15 km Barat Laut Malili, pada kedalaman 18 km. Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi ini merupakan gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Matano.

Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempabumi dirasakan di Sorowako : I SIG-BMKG (I – II MMI). ). Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh beberapa orang.

Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempabumi susulan dan belum ada laporan kerusakan. Terkait dengan peristiwa gempabumi tersebut, masyarakat yang berdekatan dengan lokasi sumber gempabumi dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV Makassar

TTD

A.Fachri Radjab, S.Si, M.Si

NIP. 19750718 199703 1 001

Penulis : (Arh)

Editor : (AA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *