Gandeng Sejumlah Organisasi, PKK Sulsel Gelar Bakti Sosial Operasi Celah Bibir dan Lelangit

Kabar Nusantara News, MAKASSAR — Tim Penggerak PKK Sulsel bekerjasama dengan sejumlah organisasi, menggelar Bakti Sosial Operasi Celah Bibir dan Lelangit, di RSUD Sayang Rakyat, (24/8). Adapun organisasi yang terlibat dalam bakti sosial ini, seperti IKA Unhas, IWAPI, Gerakan Wanita Sejahtera (GWS), dan sejumlah organisasi lainnya.

Ketua TP PKK Sulsel, Naoemi Octarina, mengatakan, salah satu komitmen PKK di Pokja IV, adalah bagaimana berperan aktif dalam peningkatan kesehatan masyarakat. Bakti Sosial Operasi Celah Bibir dan Lelangit ini dilaksanakan karena salah satu penyebab stunting adalah asupan gizi yang tidak maksimal.

“Kenapa asupan gizinya bersoal? Karena ada masalah pada gigi dan mulut. Sehingga, harus ada perhatian bersama,” ujarnya.

PKK sebagai mitra pemerintah, kata Naoemi, berkolaborasi dengan semua pihak terkait, berupaya memberikan pelayanan optimal. Khususnya terhadap anak-anak yang membutuhkan operasi ini.

Sementara, Staf Ahli Gubernur, dr Mappatoba, mengatakan, kasus celah bibir dan lelangit merupakan kelainan bawaan, yang harus diintervensi melalui operasi. Saat ini, jumlah kasusnya cukup banyak di Sulsel.

“Kasus celah bibir dan lelangit banyak di Sulsel. Sehingga, Pemprov bersama PKK dan organisasi lainnya memberikan support untuk operasi gratis,” kata Mappatoba.

Dalam laporannya, Direktur RSUD Sayang Rakyat, Siti Haeriah Bohari, mengatakan, ada 44 orang yang mendaftar untuk mengikuti operasi. Namun setelah discreening, hanya 24 yang lolos.

“Yang tidak lolos screening karena ada masalah kesehatan. Seperti kelainan darah, sehingga tidak bisa dilakukan operasi,” ungkapnya.

Usai menjalani operasi, anak-anak ini juga menerima bingkisan dari Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan Ketua TP PKK Sulsel Naoemi Octarina. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *