Disela-sela Rakernas Apeksi, Para Direksi PDAM Kompak Bahas Masalah Krisis Air

Kabar Nusantara News, PADANG — Direksi Perumda Air Minum (PDAM) Makassar tidak menyia-nyiakan kesempatan pada kegiatan Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XV yang dilaksanakan di Kota Padang yang ikut dihadiri sejumlah pimpinan OPD dan Perumda di Kota Makassar.

Rombongan direksi PDAM Kota Makassar yang dimpimpin langsung Direktur Teknik, Asdar Ali memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan sharing informasi permasalahan air di Indonesia dengan Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Padang, Hendra Febrizal serta Dirut PDAM Kota Bogor dan Dirut Kota Malang.

“Disela-sela rakernas Apeksi ini, kami menyempatkan bertemu dengan Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Padang, Hendra Febrizal, turut hadir juga Dirut PDAM Kota Bogor dan Dirut Kota Malang. Berbagai permasalahan air di Indonesia menjadi topik pembahasan”, kata Asdar Ali di Kota Padang, Selasa (9/8).

Asdar Ali menyampaikan, Hendra Febrizal yang juga sebagai Ketua DPD PERPAMSI Sumatera Barat memiliki segudang pengalaman dalam penangan krisis air di Indonesia. Kota Makassar yang biasanya terdampak musim kemarau yang mengakibatkan bendungan utama mengalami kekeringan hingga berbulan-bulan.

“Seperti bendungan air di Lekopancing Maros yang kadang kering, sementara itu menyuplai air baku di 9 kecamatan di Kota Makassar, masing-masing adalah Kecamatan Tallo, Ujung Tanah, Bontoala, Wajo, Tamalanrea, Biringkanaya, Panakkukang, Makassar, dan Manggala”, ujarnya.

“Dengan pertemuan ini berbagai solusi didapatkan, antaranya edukasi penghematan air oleh masyarakat ditingkatkan, penambahan bendungan, dan pemanfaatan potensi mata air di wilayah perkotaan,” kata Asdar Ali yang juga sebagai Sektretaris Perpamsi Sulsel itu.

Asdar Ali menjelaskan, Bendungan Lekopancing menyuplai hingga 1500 liter air per detik. Namun saat masuk musim kemarau suplai air menurun hingga menjadi 527 liter/detik.

“Kita ada bantuan suplai dari Mallengkeri sebanyak 283 liter per detik masih belum mencukupi”, tambahnya.

Sementara itu, Dirut Perumda Air Minum Kota Padang Hendra Febrizal yang juga Ketua DPD PERPAMSI Sumatera Barat itu menyampaikan banyak terima kasih atas kunjungan PDAM Makassar.

Dia juga menyebutkan, PDAM Makassar telah melaksanakan berbagai inovasi dalam mempermudah layanan kepada warga, mulai dari pembayaran hingga pada pemasangan meteran baru.

“PDAM Makassar semakin hari semakin maju. Inovasi direksi sangat mempermudah warga Makassar dalam bertransaksi,” paparnya.

Diakhir kunjungan ini dilakukan dengan penukaran cendramata. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *