Diresmikan Gubernur Andalan, Jembatan Pacongkang Gunakan APBD Pemprov Sulsel

Kabar Nusantara News, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan telah menganggarkan senilai Rp75 miliar melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk rekonstruksi Jembatan Andalan Pacongkang di Desa Kampiri, Kecamatan Cita, Kabupaten Soppeng.

Sebelumnya, Jembatan Pacongkang menggunakan kayu sehingga mudah lapuk, namun kali ini jembatan ini menggunakan pelengkung rangka baja terpanjang di Sulawesi Selatan.

Jembatan itu memiliki panjang bentang pada bagian tengah 128 meter, bentang kiri kanan masing-masing 25 meter sehingga total bentang jembatan memiliki panjang 180 meter dan lebar tujuh meter dengan trotoar kiri kanan masing-masing satu meter dan diresmikan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman atau biasa disapa Andalan, Rabu, (23/8/2023).

“Alhamdulillah meresmikan jembatan pelengkung rangka baja terpanjang di Sulsel, Jembatan Andalan Pacongkang di Kabupaten Soppeng menggunakan APBD Pemprov Sulsel,” katanya.

Selain pelengkung rangka baja, Jembatan Andalan Pacongkang juga dilengkapi alat peredam gempa yang dinamakan Lead Rubber Bearing (LRB). Dan dapat dimanfaatkan sekitar wilayah Soppeng untuk ke lokasi objek Wisata Citta, jelasnya.

Masyarakat Desa Rompi Gading turut merasa senang dan bahagia dengan digunakannya Jembatan Andalan Pacongkang, akses transportasi lebih mudah dari jembatan sebelumnya.

“Kami sangat senang bahagia Jembatan Andalan Pacongkang ini telah diresmikan, akses transportasi semakin mudah”, ungkap Kepala Desa (Kades) Rompi Gading, Sakmawati Rahman, Jum’at, (25/8). (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *