Cara Mengendalikan Penyakit Hipertensi



Kabar Nusantara News ;–Hipertensi adalah nama lain dari tekanan darah tinggi. Tekanan darah itu sendiri adalah kekuatan aliran darah dari jantung yang mendorong dinding pembuluh darah (arteri). Kekuatan tekanan darah ini bisa berubah dari waktu ke waktu, dipengaruhi oleh aktivitas apa yang sedang dilakukan jantung (misalnya sedang berolahraga atau dalam keadaan normal/istirahat) dan daya tahan pembuluh darahnya. Hipertensi adalah kondisi di mana tekanan darah lebih tinggi dari 140/90 (mmHG). Makassar, (16/12/2018)

Tekanan darah tinggi tidak dapat disembuhkan. Namun, bukan berarti kesehatan Anda harus terus memburuk. Dengan perawatan dan gaya hidup yang sehat, tekanan darah Anda bisa dijaga dalam batas normal hingga bertahun-tahun setelah diagnosis hipertensi.

Berikut 6 perilaku yang merupakan salah satu cara untuk mengendalikan penyakit hipertensi ;

  1. Cek kesehatan secara rutin

Masyarakat saat ini dipenuhi dengan berbagai kesibukan yang menyebabkan mereka jarang memeriksakan kesehatan. Padahal pemeriksaan secara rutin mampu mendeteksi penyakit secara dini dan menanganinya secepat mungkin sebelum terlambat.

  1. Berhenti merokok dan minum alkohol

Rokok saat ini sudah menjadi gaya hidup yang tak hanya dikonsumsi masyarakat paruh baya, tetapi juga usia muda. Padahal hal ini merupakan salah satu penyebab penyakit hipertensi. Merokok dapat memicu berbagai penyakit kronis seperti hipertensi, stroke, serangan jantung, dan bahkan kanker. Sayangnya, banyak orang yang tidak peduli dengan bahaya tersebut. Padahal, bahaya merokok sudah terang-terangan disebutkan di berbagai media, termasuk pada bungkusnya. Tak hanya merokok, Anda juga harus menghindari minum minuman beralkohol agar tekanan darah berada dalam rentang yang normal. Jika dikonsumsi secara berlebihan, alkohol dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah tinggi dan memperparah gejala hipertensi jika Anda sudah terdiagnosis penyakit ini sebelumnya.

  1. Berolahraga secara rutin

Berolahraga merupakan salah satu cara menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar. Hal ini juga merupakan cara mengendalikan penyakit khususnya hipertensi.

  1. Diet sehat dengan kalori seimbang

Mengkonsumsi kalori secara berlebihan merupakan salah satu penyebab penyakit hipertensi. Berbagai hidangan lezat dengan kalori tinggi kini dapat dengan mudah ditemui dan menjadi bagian gaya hidup masyarakat

  1. Istirahat yang cukup

Kesibukan masyarakat yang tak kenal waktu saat ini berdampak pada kurangnya waktu istirahat atau seringnya masyarakat mengabaikan waktu istirahat yang cukup. Padahal tubuh memerlukan masa beristirahat untuk melakukan regenerasi agar tubuh tetap bugar dan sehat.

  1. Mengelola stress

Stres dapat dikatakan salah satu penyebab hipertensi. Gaya hidup saat ini yang penuh stres menempatkan masyrakat berada dalam masa kritis terkena tak hanya hipertensi tetapi juga berbagai penyakit. Pengelolaan stres yang baik akan mampu mengendalikan berbagai penyakit khususnya hipertensi. Melakukan kegiatan yang menyenangkan untuk melepas stres adalah salah satu caranya.

Berbagai cara yang sudah disebutkan di atas banyak membantu menurunkan tekanan darah agar tekanan darah normal selalu — sekaligus menekan risiko Anda terhadap komplikasi risiko penyakit lain akibat hipertensi, seperti penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal. Itu artinya, mengelola tekanan darah adalah komitmen seumur hidup.

Oleh : dr. Elim Jusri, S.Ked



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *