Kabarnusantaranews, Pangkep ;– Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, mengeluarkan inovasi Layanan Utamakan Antar Ke Masyarakat (Lunamaya). Aplikasi ini untuk memudahkan jika ada wajib pajak yang mengalami masalah teknis dalam proses pembayaran.

Hal ini disampaikan Kasubbid Pendapatan Bapenda Pangkep, Ryaas Taruna Atmaja kepada wartawan, Senin (21/9/2020). Menurutnya tak jarang pajak maupun retribusi tersendat gara-gara ada hal teknis yang harus segera ditangani petugas.

“Lunamaya itu teknisnya seperti tadi ada laporan rumah makan yang habis kertas struknya petugas Bapenda cepat mengantarkan. Begitu pun ada yang rusak alatnya, langsung dimaintenance cepat oleh petugas,” terang Ryaas.

Ia mengatakan, kendala masyarakat wajib pajak yang sibuk di lokasi usaha namun ingin mengurus juga bisa menghubungi petugas melalui WhatsApp dan petugas datang SPTPD (Surat Pemberitahuan Pajak Daerah) ke lokasi wajib pajak.

Riyaas menambahkan Bapenda juga melibatkan pihak terkait seperti Bank Sulselbar, Tim Korsupgah KPK, inspektorat dan kepolisian dalam mengoptimalkan inovasi Lunamaya baik dalam pelayanan maupun dari sisi pengawasan.

Pimpinan Cabang Bank Sulselbar Pangkep, Hamdan mengapresiasi inovasi ini. Pihak Bank Sulselbar, kata Hamdan menyediakan mobil kas keliling sehingga memudahkan penyetoran langsung ke Kas Daerah.

“Bentuk konstribusi Bank Sulselbar selama ini pada kegiatan inovasi Bapenda Pangkep dengan layanan lunamaya. Aplikasi untuk memudahkan masyarakat transaksi pendapatan secara online sehingga dan berharap dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dan saya rasa inovasi ini luar biasa,” jelasnya. (rls/tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here