Wednesday, October 5, 2022
HomeKESEHATANRS Wahidin Resmikan Bantuan Alkes Berteknologi Tinggi dari Kemenkes

RS Wahidin Resmikan Bantuan Alkes Berteknologi Tinggi dari Kemenkes

- Advertisement -

Kabarnusantaranews,Makassar;– Peresmian pemanfaatan atau penggunaan alat-alat kesehatan berteknologi tinggi bantuan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berlangsung di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Wahidin Sudirohusodo.

Penggunaan alat itu diresmikan oleh Direktur Rumah Sakit Wahidib Sudirohusodo, Dr. dr. Khalid Saleh, Sp.PD-KKV, FINASIM, M.Kes, Kamis (11/2).

Adapun bantuan yang diberikan diantaranya, Alat Hiperbaric Chamber untuk terapi oksigen, Alat Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL) alat yang digunakan untuk tindakan penyakit batu ginjal, Biplane Catheterization Laboratory (Biplane Cathlab) alat untuk mendiagnosa penyumbatan pembuluh darah dengan cepat dan minim efek samping bagi pasien jantung.

CT Scan 128 Slice, Alat Extra Corporeal Membrane Oxygenerator (ECMO) digunakan untuk membantu dokter bedah jantung melakukan pembedahan dengan aman hingga masa pemulihan pasien di ruangan ICU, Alat C Arm Stand, Fluoroscopi, Alat Mammograpy dan Digital X-Ray Mobile.

Dalam acara peresmian, Khalid Saleh mengatakan, tentunya alat kesehatan dengan teknologi tinggi ini didukung kompetensi SDM yang terlatih.

“Kita ini memiki peralatan baru, tentunya ini harus didukung oleh kompetensi SDM yang terlatih,” katanya.

Menurut Dr. dr. Azwar Amir, Sp. U, Ada juga alat Laser Pemecah batu ginjal dan Laser Prostat generasi terbaru mulai digunakan di RSWS.

“Alat C-Arm yang terbaru digunakan untuk membantu/menuntun alat laser pemecah batu ginjal, ada juga alat Ereksi (ESWT) untuk pasien dengan gangguan ereksi seperti pada pasien DM,” ujar Azwar Amir

Peresmian ini juga dirangkaikan dengan pembukaan kembali dua layanan RSWS, yaitu Layanan Terapi Oksisen Hyperbarik dan ESWL (Layanan Lithotripsi Pemecah Batu Saluran Kemih).

“Sebenarnya kedua layanan ini telah lama hadir di Rumah Sakit Wahidin, ini hanya penggantian alat yg baru dan bertekhnologi lebih tinggi,” jelas Azwar Amir. (*)

- Advertisement -




RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -







Most Popular

Recent Comments