Awal 2019, Ratusan IMB Diterbitkan DPM-PTSP Makassar

Kabarnusantaranews, Makassar ;– Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Makassar telah menerbitkan ratusan izin mendirikan bangunan (IMB) di awal 2019.

Tercatat, dalam rentang Januari dan Februari 2019, ada 394 IMB yang telah diterbitkan.

“Kalau IMB itu sudah ada 394 yang diterbitkan. Januari ada 242 penerbitan, dan Februari ada 142 IMB. Kalau Maret dan April belum ada rekap,” ungkap Plt. Kepala DPM-PTSP Makassar, Firman Hamid Pagarra, Selasa (2/4/2019).

Diketahui penerbitan IMB telah diambil alih DPM-PTSP Makassar melalui sistem pelayanan perizinan satu atap sejak 2015. Sebelumnya, IMB diterbitkan Dinas Penataan Ruang.

“Dengan terbitnya Perwali Makassar Nomor 60 tahun 2015 semua jenis perizinan, termasuk IMB sudah satu pintu pelayanannya di DPM-PTSP,” jelasnya.

Pihaknya tinggal menerbitkan izin ketika syarat telah dipenuhi pemohon. Adapun yang harus dilengkapi yakni fotocopy KTP Pemohon, fotokopi surat bukti pemilikan/penguasaan tanah, PBB tahun berjalan, surat pernyataan keberatan dari tetangga, surat pernyataan bebas sengketa yang diketahui lurah dan camat setempat, gambar rencana bangunan lengkap dengan lampiran SIPB, dan pas foto. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *