Monday, August 15, 2022
HomeSOSIAL & KESRAAplikasi Ajamma DPRD Makassar Mudahkan Masyarakat Sampaikan Aspirasi

Aplikasi Ajamma DPRD Makassar Mudahkan Masyarakat Sampaikan Aspirasi

- Advertisement -

Kabarnusantaranews,Makassar;– Efektivitas penyampaian aspirasi dari masyarakat di era saat ini memang sudah selayaknya dilakukan secara digital, agar masyarakat bisa berkomunikasi atau menyampaikan aspirasi pada wakil-wakilnya di Parlemen.

Hal itu sudah dibuktikan oleh DPRD Kota Makassar, melalui aplikasi Ajang Aspirasi Masyarakat Makassar atau yang dikenal Ajamma ini dikelola langsung oleh Sekretariat DPRD Makassar dalam menyerap aspirasi masyarakat.

Melalui Refleksi akhir tahun, DPRD Makassar kembali mensosialisasikan aplikasi Ajamma kepada masyarakat dengan melibatkan pemuda-pemuda dari KNPI Makassar dan ratusan warga dari lintas profesi, di Halaman Sekretariat KNPI Makassar, Jl AP Pettarani, Kamis (9/12).

Sekretaris DPRD Makassar, Muh Dahyal menyebut aplikasi tersebut sangat efektif dipakai oleh masyarakat Makassar saat ini. Sebab, tingkat penyampaiannya lebih terukur dan semua anggota DPRD Makassar bisa mengetahui apa-apa saja masalah yang disampaikan oleh masyarakat.

“Kami memang berharap aspirasi itu dilakukan melalui medsos, salah satunya aplikasi Ajamma ini. Kita mau masyarakat tau aplikasi Ajamma ini, supaya tidak usah berbondong-bondong datang. Inilah efektifnya kami sosialisasikan terkait manfaatnya aplikasi ini,” ujar Dahyal.

Dahyal mengatakan bahwa semua laporan yang masuk di Ajamma akan ditindaklanjuti oleh Sekretariat, tinggal memilah aspirasi apa saja yang perlu di RDP-kan (rapat dengar pendapat), karena semua anggota dewan bisa berinteraksi langsung dalam aplikasi tersebut.

“Tapi kalau ada hal kecil itu tidak mesti di RDP-kan, itu langsung Sekretariat langsung menghubungi SKPD terkait untuk mengatasi masalah apa dari masyarakat,” terangnya.

Semetara itu, anggota DPRD Kota Makassar Sahruddin Said yang bertindak sebagai narasumber menyampaikan bahwa era saat ini memang masyarakat harus lebih berkembang dalam hal menyampaikan aspirasi kepada wakilnya di DPRD.

“Karena memang aplikasi Ajamma ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, apalagi dalam situasi pandemi Covid-19. Masyarakat juga diminta lebih aktif dalam kritik-kritik membangun kota Makassar, kita sudah membuat aplikasi yang efektif, sekarang sisa masyarakat yang memanfaatkan dengan memberikan aspirasi, aktif berkomentar, memberikan saran, dengan etika yang baik,” jelasnya.

Legislator PAN Makassar ini mengatakan pihaknya sangat terbuka dan selalu menindaklanjuti apapun itu yang menjadi keluhan masyarakat terkait kesejahteraan dan program pemerintah yang perlu dibenahi.

“Jadi laporannya dikhususkan untuk pemerintahan, kedua soal bantuan sosial, terkait dengan pembangunan infrastruktur yang penting adalah masalah sosial. Dengan adanya aplikasi ini masyarakat bisa lebih menghemat energi dan waktu, kami di DPRD tinggal menunggu dan menindaklanjuti apa masalahnya kemudian dicarikan solusinya,” pungkas pria yang akrab disapa Ajid ini. (*)

- Advertisement -


RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -







Most Popular

Recent Comments