Anggota Dewan Makassar Azwar Sosialisasikan Perda ASI Eksklusif Bagi Anak

Kabar Nusantara News, MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Azwar menggelar Sosialisasi Perda nomor 3 tahun 2016 tentang Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Ekslusif di Hotel Maxone, Selasa (23/1/2024).

Hadir sebagai narasumber Harisa Tipa, Nur Fadhillah, dan Legiaslator Makassar, Azwar.

Dalam sambutannya, Azwar mengatakan, Perda yang dibuat pemerintah ini bertujuan untuk memberi rasa nyaman dan aman pada bayi serta meningkatkan ikatan cinta dan kasih sayang antara ibu dan anak.

“Perda ini bertujuan untuk menjamin pemenuhan hal bayi untuk mendapatkan ASI Ekslusif sejak dilahirkan sampai berusia 6 bulan dengan memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan bayi,” ungkap Azwar.

Politisi PKS itu mengatakan, dalam Perda ASI Ekslusif juga memberikan perlindungan kepada ibu dalam memberikan ASI Ekslusif kepada bayinya.

“Makanya tempat kerja dan tempat sarana umum harus menyediakan ruangan tempat menyusui bagi ibu-ibu,” jelasnya.

Sementara itu, Narasumber kedua, Harisa Tipa mengatakan, tempat sarana dan prasarana umum harus menyediakan bilik khusus agar masyarakat bisa menyusui anaknya.

“Tempat sarana umum harus menyiapkan tempat menyusui. Misalnya di pasar, karebosi link dan lain-lain. Perda ini penting disosialisasikan karena penting untuk diberitahukan,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Nur Fadhilah selaku narasumber kedua mengatakan, ASI ini cairan tanpa tanding yang diciptakan oleh Allah SWT untuk memenuhi kebutuhan bayi.

“ASI Ekslusif ini wajob diberikan dari usia 0-6 bulan tanpa campuran makanan dan minuman. ASI ini merupakan makanan utama,” katanya.

Dari sisi kesehatan, kata dia, menyusui merupakan salah satu investasi terbaik untuk meningkatkan kesehatan tubuh bayi.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *