Kabar Nusantara News;- Digitalisasi UMKM menjadi hal vital dalam pemanfaatan teknologi informasi,khususnya membantu UMKM lokal membuka pasar dan melebarkan permintaan yang potensial.Makassar (27/07/2018)

Demikian ungkap Kepala Diskop UKM Sulsel,Malik Faisal saat pembukaan Pelatihan Vocational Berbasis e-Commerce di Makassar, (25/7) yang diikuti puluhan koperasi dan UMKM.

Dalam pelatihan yang diselenggarrakan Deputi Pengembangan SDM Kemenkop UKM RI bekerjasama UPT Badan Diklat Koperasi UKM Sulsel membahas tentang situs jual beli online atau lebih populer disebut e-Commerce.

Sebagai narasumber dalam pelatiha 2 (dua) hari ini adalah konsultan PLUT Sulsel Bahrul ulum, Putra Handayani dan Salman Sahmad,juga Ahyar sebagai fasilitator Google Gapura Digital.

Kepala Badan Diklat Koperasi UKM Sulsel,Daemon mengatakan, pihaknya terus mendorong pelaku Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk terus mengembangkan bisnisnya dengan meningkatkan kemampuan informasi teknologi (IT) sehingga bisa memasarkan produk mereka secara digital.Karena siapa pun yang tidak mengikuti arus digital ini,dengan sendirinya akan tertinggal,katanya.

Konsultan PLUT Sulsel,Bahrul ulum menambahkan,kini di era digital siapa pun bisa berbisnis atau berjualan karena berbisnis di era sekarang tidak memerlukan toko atau armada angkutan lagi, karena ada e-commerce.

Era digitalisasi menjadi bagian tak terpisahkan dari perdagangan dalam negeri maupun pasar internasional.

“Karena itu,Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Sulsel terus mendorong pelaku UMKM supaya ‘melek’ teknologi dan menggunakan internet sebagai bagian dari strategi pemasaran maupun branding produk,”tandasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here