Wiranto: Pembatasan Internet di Papua Dicabut 5 September

Kabarnusantaranews, Makassar ;–Menteri Koordiantor Politik Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan pemerintahan mencabut pembatasan internet dan media sosial di Papua pada 5 September mendatang.

“Dengan dasar hoaks sudah berkurang, tonenya sudah positif, kondisi sudah stabil. Tapi dari informasi yang kita dapat, dari analisis keamanan, kita masih tunggu sampai tanggal 5 September, kalau kondisi masih kondusif kita buka lagi,” kata Wiranto dalam jumpa pers, Selasa (3/9).

Wiranto mengatakan pembatasan internet dan media sosial dilakukan di Papua dan Papua Barat untuk mencegah penyebaran hoaks. Dengan pembatasan tersebut, kata Wiranto, “Gambar gak bisa dikirim, tapi teks masih bisa.”

Pembatasan akses internet ini diambil pemerintah karena banyak yang campur tangan dan menggunakan kesempatan untuk ikut mengacaukan situasi di Papua dan Papua Barat.

Saat ini, Wiranto melanjutkan, situasi sudah kondusif. Ia bahkan sempat meminta pencabutan pembatasan internet dilakukan hari ini. Namun berdasarkan pertimbangan keamanan, maka pencabutan akses internet baru akan dibuka 5 September. Itu dengan catatan kondisi di Papua dan Papua Barat sudah kondusif. (*/IMO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *