Wakil Bupati Maros Hadiri Fun Education Camp Bersama Pencinta Alam

Kabar Nusantara News, MAROS – Kegiatan Fun Education Camp Maros Pangkep Unesco Global Geopark yang di hadiri oleh Siswa Pecinta Alam (Sispala) sampai Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) dari berbagi derah.

Kegiatan Fun Education Camp yang digelar di Kawasan Wisata Biseang Labboro (Bislab) Pattunuang ini dirangkaikan dengan diskusi terkait kelestarian lingkungan kawasan Geopark Maros-Pangkep dan berlangsung selama 2 hari mulai dari tanggal 1-2 Desember 2023.

Dalam sambutanya. Wakil Bupati Maros, Hj Suhartina Bohor menyampaikan pentingnya menjaga lingkunga sekitar mulai dari kita sendiri dan dari hal yang kecil seperti tidak menambah volume sampah yang ada disekitar kita.

“Jadi kalau saya di kantor atau ada kunjungan-kunjungan ke dinas-dinas saya itu terkenal dengan ibu tumbler karana kalau ada kegiatan itu saya tidak mau melihat ada botol dan itu sudah terkenal di jajaran SKPD pemkab Maros,” ucapnya

Lebih lanjut, Ia juga mengajak kepada seluruh peserta untuk sama-sama membantu mempublikasikan kawasan wisata Geopark Maros-Pangkep untuk datang dan berkunjung menikmati warisan dunia yang ada dihalaman rumah kita ini.

“Jadi saya mengajak kepada kita semua untuk bisa membantu mempublikasikan kawasan wisata Geopark Maros-Pangkep ini serta menjelaskan kepada semua bahwa Maros-Pangkep punya warisan sejarah terbesar ke-kedua di dunia setelah Cina dan telah diakui oleh Unesco,” sambungnya.

Geopark Maros-Pangkep masuk jaringan Global Geparks Network pada tahun ini bersama 17 Geopark lainnya di Dunia. Dengan begitu, saat ini total ada 195 Global Geopark UNESCO yang tersebar di 48 negara di dunia.

Penetapan Geopark Maros-Pangkep sebagai UNESCO Global Geopark tentunya menjadi kebanggaan tersendiri untuk Provinsi Sulsel. Ini juga merupakan pengakuan prestisius yang memberikan pada tenpat atau wilayah luar biasa untuk situs geologis dan lanskap internasional.

Geopark adalah sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi terkemuka (outstanding), termasuk nilai arkeologi, ekologi dan budaya yang ada di dalamnya, di mana masyarakat setempat diajak berperan serta untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam.

Sementara itu, Salah satu Anggota DPRD Provinsi Sulsel, H Adam Muhammad menyampaikan bahwa Ia dengan senang hati untuk membantu dalam mensukseskan dan menjadi bagian dari sejarah Geopark Maros-Pangkep.

“Tentunya saya berharap meminta kepada kita semua untuk bisa membantu mensukseskan dan menjadi bagian dari sejarah Geaopark Maros-Pangkep,” tutup Adam sapaan Akrabnya

Adapun diakhir kegiatan para perwakilan masing-masing komunitas peserta yang hadir diberikan pelakat dan dilanjutkan dengan foto bersama. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *