Usung Tema “Kemuliaan Ramadhan Bersama”, Fakultas Hukum UIM Baksos di Panti Asuhan

Kabar Nusantara News, MAKASSAR – Memasuki hari ke-22 bulan suci Ramadhan, Fakultas Hukum Universitas Islam Makassar (FH UIM) menggelar kegiatan bakti sosial (Baksos Ramadhan) di Panti Asuhan Nurul Akbar, Kompleks BTN Hamsi, Kamis (14/4/2023)

Mengusung tema “Kemuliaan Ramadhan Bersama”, kegiatan baksos tahun ini diikuti oleh 44 Mahasiswa Angkatan Abolisi 2022 Fakultas Hukum UIM.

Kehadiran Mahasiswa Prodi Ilmu Hukum Angkatan 2022 tersebut disambut antusias oleh anak-anak Panti Asuhan Nurul Akbar. Mereka pun nampak semangat mengikuti semua rangkaian kegiatan Baksos yang dipersiapkan panitia.

“Bakti sosial ini bertujuan untuk memberikan dedikasi sebagai mahasiswa kepada masyarakat”, kata Dekan FH UIM, Prof. Muh. Yunus Idy, S.H., M.Hum, dalam sambutannya.

Prof Yunus menuturkan, Baksos tersebut rutin dilaksanakan setiap tahunnya, ini dilakukan untuk mendidik mahasiswa agar lebih peduli dengan kondisi lingkungan.

“Khususnya pada anak-anak yatim yang masuk ke dalam klasifikasi orang-orang yang membutuhkan”, tambahnya.

Dikesempatan yang sama, Wakil Dekan III FH UIM, Andi Arfan Sahabuddin, S.H., M.H. mengatakan, kegiatan Baksos ini dijadikan sebagai salah satu kegiatan wajib pada mata kuliah kokurikuler II atau memasukkan kegiatan ini dalam SKS mahasiswa di semester 2.

“Karena pada kegiataan ini mahasiswa turut serta dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar”, tutur Ketua BPPH PP Sulsel ini.

Menurut dia, kegiatan kemasyarakatan yang dilakukan oleh para Mahasiswa FH UIM menjadi bukti bahwa misi perguruan tinggi tidak hanya bersifat akademis semata.

“Perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan juga harus mendorong para mahasiswanya memiliki kepedulian terhadap masyarakat. Selain itu sebagai pembelajaran mahasiswa dalam bermasyarakat dan sekaligus mengaktualisasikan potensi diri masing-masing”, tandasnya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *