Kabarnusantaranews, Palopo;- Kabar terbaru di dunia pendidikan Kota Palopo datang dari Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Palopo.

Dalam rangka memperbaiki kualitas lulusan, Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Palopo kini menyiapkan 3 (tiga) gelar bagi lulusan/sarjana untuk mahasiswa yang mulai kuliah di tahun 2020.

“Untuk mahasiswa yang masuk di tahun 2020, kita menyiapkan tiga gelar. Yang pertama adalah Sarjana Akuntansi atau disingkat S.Ak, yang kedua adalah Certified Accurate Professional (CAP) dan yang ketiga adalah Certified Public Accountant (CPA). Jadi kalau mahasiswa kita saat kuliah namanya misalnya ZIKRA, maka saat sarjana Namanya ZIKRA, S.Ak., CAP., CPA.” Ungkap Halim Usman, SE, M.Si, CSRS, CSRA Ketua Prodi Akuntansi UM Palopo.

Menurut Halim, Gelar S.Ak itu sudah sesuai dengan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 257/M/KPT/2017 tentang Nama Program Studi pada Perguruan Tinggi, yang menyatalkan bahwa Sarjana Akuntansi akan mendapatkan gelar Sarjana Akuntansi disingkat S.Ak.

“Sedangkan Gelar Certified Accurate Professional (CAP) diperoleh setelah mahasiswa Lulus Mata Kuliah Laboratorium Komputer Akuntansi 2. Certified Accurate Professional (CAP) adalah ujian praktik komputer akuntansi menggunakan software Accurate untuk tingkat mahir (advance) seperti accounting, supervisor, owner, mahasiswa, dosen dan guru” Terang Halim.

Ketua Prodi termuda di FEB UM Palopo ini menambahkan bahwa manfaat dari Certified Accurate Professional adalah (1) Memastikan pemegang sertifikat memenuhi standar kualifikasi Accurate terutama untuk setup database dan input transaksi, (2) Memudahkan perusahaan dalam mencari tenaga kerja yang siap pakai serta (3) Menjadi nilai tambah saat apply pekerjaan di perusahaan pengguna Accurate.

Yang terakhir adalah Certified Public Accountant (CPA). CPA merupakan program pengembangan profesi bagi akuntan yang diselenggarakan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). Sertifikasi ini ditujukan bagi mereka yang ingin meningkatkan kompetensi dan mendapatkan izin menjadi akuntan publik.

Ujian CPA dengan kurikulum baru memiliki tiga tingkatan, yaitu tingkat dasar, tingkat profesional, dan tingkat lanjutan.

“Jadi Alumni kita di Prodi Akuntansi, sudah bisa membuka Kantor Akuntan Publik (KAP). Apalagi KAP di Luwu Raya belum ada sam sekali. Bahkan jika sudah memiliki jam terbang tinggi, alumni kita akan mendapatkan gelar ASEAN-CPA. Jika sudah mendapatkan gelar ASEAN-CPA, maka alumni kita akan mendapatkan Legalitas untuk melakukan Audit di Negara-Negara ASEAN” Papar Halim.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here