Tim IPLT BLUD PAL DPU Makassar Ambil Sampel Lumpur Tinja IPLT Nipa Nipa untuk Uji Coba IPAL Losari

Kabar Nusantara News, MAKASSAR – Dalam langkah penting menuju operasional Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Losari, Tim IPLT BLUD PAL Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar telah melakukan pengambilan sampel lumpur tinja dari IPLT Nipa Nipa. Kolaborasi ini melibatkan Tim Satuan Kerja Perencanaan Pembangunan Wilayah (Satker PPPW) II Sulsel.

Pengambilan sampel lumpur tinja dari IPLT Nipa Nipa adalah bagian dari persiapan untuk Uji Coba Operasional Unit IPAL Losari. Kegiatan ini berlangsung pada Jumat, 17 Maret 2023.

“Dalam rangka Uji Coba Operasional Unit IPAL Losari, Tim Satker PPPW II Sulsel dan Tim IPLT BLUD PAL Dinas PU Makassar melaksanakan pengambilan sampel lumpur tinja dari IPLT Nipa Nipa pada Jumat, 17 Maret 2023,” demikian disampaikan oleh Dinas PU Makassar dalam unggahan mereka di Instagram resmi @dinaspumakassar.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kota Makassar, Muh Ansar, telah mengungkapkan bahwa PDAM Makassar dan BLUD PAL Dinas PU Makassar telah ditunjuk oleh Pemerintah Kota Makassar untuk mengelola Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPA) Losari.

“Rencananya, tugas pembagian antara PDAM dan BLUD IPAL Dinas PU Kota Makassar akan diatur dalam perwalian yang merupakan bagian dari Peraturan Daerah No 1 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik,” ungkap Muh Ansar pada Sabtu, 21 Januari 2023.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *