Sekprov Sulsel : Soal Kepuasan Kerja, Pimpinan Miliki Peran Penting

Kabarnusantaranews, Makassar;- Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Hayat Gani membuka kegiatan Pembukaan Coaching dan Konseling Kinerja ASN Pemprov Sulsel di Grand Sayang Park Hotel, Senin (29/7).

Sekprov menekankan bahwa terkait konseling hal pertama yang harus diperhatikan adalah memotret kondisi yang ada serta leadership dari pimpinan.

“Kita tentu harus potret terlebih dahulu masalah mendasar,” katanya.

Kepemimpinan dari unsur pimpinan penting untuk memberikan arahan kepada bawahan, apalagi pimpinan akan selalu fokus pada kinerja dan prioritas kerja.

Di lain sisi, tuntutan bawahan terkait kepuasan kerja, sehingga antara kepuasaan kerja dengan produktivitas kerja, harus dipadukan.

“Tugas pimpinan untuk memotivasi, bagaimana mengelola dan menggunakan konseling yang baik,” sebutnya.

Abdul Hayat menyebutkan kedepan, memungkinkan bukan hanya sarjana hukum yang menghandel kepegawaian, tetapi juga dari disiplin ilmu psikologi. Apalagi kepuasan kerja dengan kinerja tentu membutuhkan peranan penting dari pimpinan.

“Termasuk bagaimana memotivasi seseorang, bagaimana melihat personality seseorang, dimana cocoknya seseorang, termasuk kepribadian introvert dan ekstrovertnya seseorang, apa penyebabnya sehingga seseorang tersebut malas masuk kantor. Adalah hal hal yang perlu menjadi perhatian,”jelas hayat.

Hayat pun menekankan pentingnya deteksi dini yang berujung pada produktivitas kerja yang lebih baik.(*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *