Sekprov Buka Review Program KKBPK Tahun 2019

Kabarnusantaranews, Makassar;- Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani, membuka secara resmi Review Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Kelurga (KKBPK) Tahun 2019, di Golden Tulip Essential Hotel Makassar, Selasa (27/8).

Dalam sambutannya, Abdul Hayat mengatakan, kegiatan tersebut merupakan hal yang sangat prioritas.

“Mau tidak mau, suka tidak suka, kita semua sudah ada misi bahwa yang terpenting di skala ini adalah bagaimana mengendalikan kependudukan dengan baik,” kata Abdul Hayat.

Menurutnya, ada dua hal yang menjadi instrument penting dalam kegiatan tersebut. Yaitu bagaimana mengendalikan penduduk dan bagaimana merencanakan keluarga.

“Tugas negara untuk mengendalikan. Ketika kita berbicara masalah negara, tentu berbicara kita semua, bukan berbicara pemerintah lagi. Merencanakan keluarga, satu penduduk satu keluarga. Kita harus sepakati bahwa keluarga yang kuat tentu kabupaten akan kuat, kalau kabupaten kuat tentu provinsi akan kuat, dan kalau provinsi kuat tentu Indonesia akan hebat,” urainya.

Ia menyampaikan, jika pada kegiatan tersebut terjadi diskusi yang baik, maka pendekatan yang dapat digunakan adalah biopsikososial culture.

“Bio terkait dengan fisik, psiko terkait dengan psikologisnya, sosial terkait dengan pendekatan, dan culture terkait dengan budaya. Kalau semua itu bisa kita rangkum dengan baik, Insya Allah outcome dari pertemuan kita ini akan sangat efektif,” tutup Abdul Hayat.

Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan Disdukcapil PPKB Provinsi Sulsel, perwakilan OPD Kabupaten/Kota se Sulsel, serta para Kepala Bidang Lingkup Perwakilan BKKBN Kabupaten/Kota se Sulsel. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *