RSUD Makassar Terima Kunjungan Studi Banding Dinkes Balikpapan

Kabar Nusantara News, MAKASSAR – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Makassar kedatangan tamu dari Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Jumat (24/2/2023).

Adapun rombongan berjumlah 55 orang terdiri dari Pejabat Dinkes dan para Kepala Puskesmas di Kota Balikpapan.

Kunjungan ini dalam rangka studi banding yang akan mengembangkan Puskesmas Lamuru menjadi RSUD, persis seperti transformasi di tubuh RSUD Makassar dari PKM Daya.

Rombongan diterima Wakil Direktur RSUD Makassar, drg Hasni, MARS yang mewakili Direktur dr. Achmad Asyaarie, menyampaikan apresiasi karena memilih RSUD Makassar sebagai referensi kaji tiru untuk proses perubahan dari puskesmas ke rumah sakit.

Mengawali sambutannya, menjelaskan bahwa rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara penuh, yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat.

Seiring dengan tuntutan kebutuhan masyarakat, maka transformasi di bidang kesehatan juga diperlukan sebagai salah satu wujud komitmen dalam pelayanan masyarakat.

Di Indonesia setidaknya saat ini ada 6 (enam) pilar transformasi bidang keseahtan yakni transformasi Layanan Primer, Layanan Rujukan, Sistem Ketahanan Kesehatan, Sistem Pembiayaan Kesehatan, SDM Kesehatan, dan Teknologi Kesehatan yang salah satu urgensinya adalah menciptakan pelayanan yang berkualitas.

Berbicara studi banding tentu hal ini erat kaitannya dengan bagaimana kita bisa melakukan riset dengan menilai sesuatu yang sudah lebih dulu ada di tempat lain, memperluas perspektif, membuka mindset, mendorong motivasi untuk juga memilki layanan yang lebih baik juga mendorong untuk memperluas jejaring.

“Sehingga dalam kesempatan yang berbahagia ini kami berharap senantiasa kita bisa sharing untuk saling memberikan manfaat juga menjalin tali silatuhami lebih erat lagi,” jelasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *